Image
By Administrator

Bupati Serang Resmikan Angkutan Perintis Gratis Untuk Transportasi Siswa Pedesaan

Rabu, 1 Agustus 2017; |  Jam 03:14:38 WIB  |  0 comments

Minimnya sarana dan prasarana transportasi masih menjadi persoalan di Kabupaten Serang. Untuk itulah Pemkab Serang melalui Dinas Perhubungan meluncurkan angkutan perintis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sarana transportasi terutama kalangan pelajar.

Acara secara simbolis peluncuran angkutan perintis tersebut di Halaman Kantor Kecamatan Tanara pada hari Senin 31 Juli 2017. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Drs.Agus Erwana, Kepala Dinas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Revri Aroes, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya, beberapa camat dan kepala desa seluruh Kecamatan Tanara.

Tatu mengatakan, permasalahan transportasi di Kabupaten Serang harus menjadi perhatian serius. Selama ini pelayanan angkutan umum belum maksimal, angka kecelakan lalu lintas juga terus meningkat. “ Ini (masalah transportasi) sudah menimbulkan banyak kerugian, baik materi maupun nyawa “ keluh Tatu dalam sambutannya. Masih menurut Bupati Serang, kecelakaan lalu lintas lebih banyak disebabkan oleh kesalahan manusia. Termasuk kesalahan orang tua yang memberikan fasilitas kendaraan kepada anaknya untuk bersekolah, “ imbuhnya.

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas pun, kata Tatu mendorong Pemkab mengadakan angkutan perintis. Angkutan perintis ini akan memfasilitasi pelajar berangkat dan pulang sekolah. “ Upaya ini (pengadaan angkutan perintis) untuk mengurangi tingkat kecelakaan khususnya dikalangan pelajar, terus supaya siswa tidak terlambat kesekolah, “ jelasnya.

Ditambahkan Tatu bahwa angkutan perintis tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk kebutuhan operasionalnya, akan menggunakan biaya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Hedi Tahap menjelaskan bahwa enam kendaraan perintis tersebut disiapkan untuk antar jemput sekolah akan ditempatkan di tiga rute yakni Tanara – Dongjing, Kec.Tiratayasa. Kemudian Cijeruk, Kec.Kibin menuju Kecamatan Pamarayan. Kemudian Kecamatan Anyer menuju Kecamatan Gunungsari. Angkutan perintis ini akan bolak balik melayani antar jemput anak sekolah. Tenaga operasional untuk sopirnya berasal dari Dishub untuk menghemat anggaran, jelas Hedi Tahap. *** 

Tags:  Berita |183|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar