Image
By Administrator

Bupati Serang: Siswa Jangan Putus Sekolah

Selasa, 2 April 2018; |  Jam 11:20:42 WIB  |  24 comments

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengajak masyarakat agar motivasi siswa agar tidak putus sekolah. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Serang memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi dan kurang mampu. Hal itu dikatakan Tatu saat melakukan pengajian rutin akhir bulan di Kampung Kosambi, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Lebak Wangi, Kamis (29/03/2018).  
Hadir, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekertaris Daerah Agus Erwana, dan beberapa Kepala Dinas Pendidikan Asep Nugraha Jaya dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Serang.

Tatu menjelaskan, pada tahun 2018 Pemkab Serang memiliki program pendidikan untuk mendukung siswa melanjutkan sekolah tingkat perguruan tinggi dan beasiswa kepada siswa. Seperti, beasiswa yang akan diberikan kepada 1.250 siswa Sekolah Dasar (SD) yang kurang mampu dan 2.050 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Seluruh beasiswa tersebut kita salurkan kepada siswa yang kurang mampu sebagai antisipasi putus sekolah. Jadi, bagi yang tidak mampu sudah tidak ada alasan untuk tidak sekolah,” ungkapnya dihadapan masyarakat.

Selain itu, Ia juga menambahkan, terdapat 354 guru Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang akan disarjanakan sebagai penunjang guru PAUD untuk menaikan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Sehingga, siswa  akan memiliki bekal yang cukup ketika memasuki SD. “ Semua itu kita persiapkan siswa dari usia dini untuk menghasilkan yang berprestasi  dan membawa harum Kabupaten Serang. Karena, siswa merupakan penerus bangsa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menjelaskan, Pemkab Serang juga akan memberikan beasiswa untuk 25 orang di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan 7 siswa di Univesitas Indonesia (UI). “Perjanjiannya, siswa yang terpilih akan diminta untuk mengabdi di Kabupaten Serang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bukan berarti menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) nantinya,”   katanya.

Masih kata Asep, Alumni SMA di Kabupeten Serang memiliki potensi yang mendukung untuk berprestasi sehingga melalui beasiswa tersebut akan membantu ekonomi siswa tersebut untuk terus belajar dan mengabdi di Kabupaten Serang. “Ibu (Bupati Serang –red) sangat mendukung agar siswa terus melanjutkan sekolahnya. Karena, factor tersebut bisa menaikan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) sebagai  program prioritas di Kabupaten Serang,” tuturnya

Tags:  Berita |219|

24 komentar pada artikel ini