Image
By Administrator

Geotermal, Upaya Pemanfaatan Energi Alam

Senin, 06 Agustus 2018; |  Jam 11:36:21 WIB  |  0 comments

Kabupaten Serang merupakan wilayah dengan topologi datar di wilayah timur dan utara ( Kecamatan Tirtayasa, Cikande dll ) dan pegunungan di wilayah barat dan utaranya ( Padarincang , Baros dll ) dari topografi  tersebut  maka terdapatlah sumber daya alam yang merupakan anugrah alam yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah potensi sumber daya Geothermal ( panas bumi )

Energi panas bumi adalah energi panas yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumiTemperatur di bawah kerak bumi bertambah seiring bertambahnya kedalaman. Suhu di pusat bumi diperkirakan mencapai 5400 °C. Menurut Pasal 1 UU No.27 tahun 2003 tentang Panas Bumi Panas Bumi adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem Panas Bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan.

Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. Selain itu sumber energi panas bumi ini diduga berasal dari beberapa fenomena:

Energi ini telah dipergunakan untuk memanaskan (ruangan ketika musim dingin atau air) sejak peradaban Romawi, namun sekarang lebih populer untuk menghasilkan energi listrik. Sekitar 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2007, dan menyumbang sekitar 0.3% total energi listrik dunia.

Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan, namun terbatas hanya pada dekat area perbatasan lapisan tektonik.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya dapat dibangun di sekitar lempeng tektonik di mana temperatur tinggi dari sumber panas bumi tersedia di dekat permukaan. Pengembangan dan penyempurnaan dalam teknologi pengeboran dan ekstraksi telah memperluas jangkauan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi dari lempeng tektonik terdekat. Efisiensi termal dari pembangkit listrik tenaga panas umi cenderung rendah karena fluida panas bumi berada pada temperatur yang lebih rendah dibandingkan dengan uap atau air mendidih. Berdasarkan hukum termodinamika, rendahnya temperatur membatasi efisiensi dari mesin kalor dalam mengambil energi selama menghasilkan listrik. Sisa panas terbuang, kecuali jika bisa dimanfaatkan secara lokal dan langsung, misalnya untuk pemanas ruangan. Efisiensi sistem tidak memengaruhi biaya operasional seperti pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil.

Berdasarkan uu no 23 th 2014 tentang pembagian urusan pusat dan daerah, didapati bahwa pengelolaan panas bumi merupakan kewenangan pemerintah kabupaten dalam hal ini pemerintah kabupaten serang.

sebelum diadkannya pemanfaatan sumber day alam ini maka perlu diadakan suatu kajian dan pembahasan dengan masyarakat sekitar sehingga dapat diadakan suatu mitigasi terhadap masalah masalah yang muncul ke permukaan sehingga pemanfaatan sumber dayaalam ini bisa dilakukan untuk sebesar besar keuntungan masyarakat luas sebagaimana diamanatkan dalam undang undang dasar 1945 pasal 33

pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap dengan adanya rencana pengembangan energi panas bumi di kecamatan padarincang akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekitar pada khususnya dan masyarakat indonesia pada umumnya.