Image
By Administrator

Bupati Serang Berlebaran Bareng 1.500 Anak Yatim

Kamis, 20 September 2018; |  Jam 19:59:58 WIB  |  113 comments

Sebanyak 1.500 anak yatim bergembira di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Kamis (20/9/2018). Mereka bermain secara gratis di berbagai wahana permainan serta makan jajanan juga secara cuma-cuma.

Para anak yatim tengah dimanjakan oleh Pemkab Serang dalam kegiatan Lebaran Anak Yatim Bersama Bupati Serang. Bukan hanya itu, anak-anak yatim juga mendapatkan kado hingga santunan uang layaknya tunjangan hari raya (THR).

Kemeriahan dan kebahagian anak yatim bertambah saat Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah ikut berbaur, melihat anak-anak yatim bermain. Bukan hanya itu, pada permainan rumah bola, Tatu ikut naik bermain. Tertawa bersama para anak-anak membuat Tatu terlihat sangat bahagia. "Jadi ingat saat masa kecil, senang bermain," ujarnya.

Tatu mengatakan, Lebaran Anak Yatim kedua kali digelar oleh Pemkab Serang dengan menyediakan hiburan gratis dengan tujuan berbagi kebahagiaan bersama yatim melalui iuran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Serang. “Sebagian besar anggaran ini iuran dari ASN yang digunakan untuk cinderamata, jajan dan santunan untuk anak yatim,” tuturnya saat ditemui di Halaman Pendopo Bupati, Kamis (20/09/2018).

Ia berharap, para pejabat dan ASN Pemkab Serang hadir untuk menjadi orang tua asuh dan membangkitkan rasa percaya diri para anak yatim. Saat membagikan santunan, seluruh kepala OPD turun tangan. Dari bupati hingga jajarannya, terlihat bahagia dalam tangis haru. “ Saya berharap, seluruh jajaran dan saya pribadi bisa merangkul mereka untuk tetap percaya diri bahwa anak tersebut tidak sendirian. Saya ingin mereka tetap tersenyum dan menjadi anak yang berbahagia dan berprestasi,” imbuhnya.

Diketahui, dari APBD Kabupaten Serang hanya menyediakan anggaran fasilitas penyelenggaraan kegiatan seperti mainan dan jajanan gratis untuk menunjang kegiatan tersebut. Bahkan, beberapa pemilik jajanan turut membantu dengan memberikan harga lebih murah untuk memeriahkan lebaran anak yatim. "Para penjual juga bersimpati dan turut solidaritas untuk ikut membahagiakan anak yatim,” katanya.

Menurut Tatu, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang telah menyalurkan beasiswa untuk 361 siswa yatim berprestasi senilai Rp 700 ribu pertahun. "Dinas sosial juga membantu dalam menggerakan ekonomi orangtua siswa miskin tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarat (Kabag Kesra), Raden Lukman mengatakan, pada tahun lalu Pemkab Serang menghadirkan 1.000 yatim dan tahun ini bertambah dengan mengundang 1.500 yatim. “Jika kita evaluasi kegiatan tadi sebetulnya lebih dari 1.500 yatim. Alhamdulillah seluruh kegiatan ini sudah tercover dari infak ASN, Baznas Kabupaten Serang, dan Ibu bupati secara pribadi,” ujar Lukman

Lukman juga mengungkapkan, himpunan infaq ASN berhasil mengumpulkan Rp110 juta yang disalurkan melalui Baznas. Dan Pemkab Serang juga menyediakan anggaran Rp105 juta untuk menunjang kegiatan tersebut. “ Ke depan, kita akan rumuskan lebaran anak yatim ini untuk menjadi kegiatan yang meriah dilakukan secara kontinu dan melakukan koordinasi ke seluruh dinas untuk turut serta memeriahkan lebaran anak yatim,” ungkapnya. (*

113 komentar pada artikel ini