Image
By Administrator

Pemkab Serang Upayakan BPJS Ketenagakerjaan RT/RW

Kamis, 18 Oktober 2018; |  Jam 10:39:15 WIB  |  120 comments

 

Pemkab Serang mendapatkan penghargaan dari Paritrana Award atas prestasi bidang jaminan sosial bidang ketenagakerjaan. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Ketenagakerjaan, dan Dirut BPJS Ketenagakerjaan di Istana Wakil Presiden pada 31 Juli 2018 lalu.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menagatakan, penghargaan tersebut atas penilaian daerah yang sukses dalam menjalankan amanah Undang-undang jaminan sosial ketenagakerjaan. “Kabupaten Serang juga membuat kebijakan bentuk regulasi berupa surat edaran yang ditunjukan kepada perusahaan, OPD dan lembaga swasta lainnya untuk ikut dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya saat sambutan saat Upacara di Halaman Pendopo Bupati Serang, Rabu (17/10/2018).

Pemkab Serang juga menetapkan Desa Kadugenep dan Desa Sindangsari kecamatan petir sebagai Desa sadar BPJS Ketenagakerjaan. Ia menilai, manfaat dari BPJS ketenagakerjaan bisa dirasakan ketika sangat dibutuhkan. Seperti, kepala keluarga yang meninggal akan mendapat jaminan bagi keluarga yang ditunggalkannya. “Ini sangat cocok bagi pekerja tidak tetap karena mereka tidak memiliki uang pensiun dan jamininan. Ditambah, bulanan hanya 16 ribu rupiah yang bisa dijangkau oleh seluruh kalangan,” tuturnya.

Ia menambahkan, Pemkab Serang berencana akan memberikan bantuan kepada RT/RW setempat yang masuk dalam pekerja non formal mendapatkan bantuan untuk ikut dalam program tersebut. “Mereka bekerja 24 jam sesuai permintaan warga dan akan Kita pikirkan perubahan nanti jika tidak ada maka kita usahakan pada anggaran 2020,” ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten, Teguh Purwanto mengatakan, apresiasi yang diberikan berupa piala paritrana yang berarti perlindungan dalam bahasa sansekerta dan BPJS Ketenagakerjaan juga menyerahan 1 unit mobil sebagai juara terbaik ketiga paritrana award ketegori Kabupaten/Kota. “Kita turut bangga karena ada dari wilayah Kami mendapatkan penghargaan dan semoga bisa dipertahan,” tuturnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi diraih oleh terbaik pertama Provinsi Jawa Tengah, terbaik kedua Provinsi Jawa Timur, dan terbaik ketiga Provinsi DKI Jakarta. sementara untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota, diraih oleh Kota Surakarta sebagai terbaik Pertama, Kota Jember sebagai terbaik kedua, dan Kabupaten Serang sebagai terbaik ketiga.

120 komentar pada artikel ini