Image
By Administrator

Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak

Rabu, 24 Juni 2015; |  Jam 13:38:06 WIB  |  1 comments

Kepala biro oprasi (Karoop) Polda Banten Kombespol Agus Kristianto mengimbau seluruh Personel  Polri menjaga netralitas selama berlangsung pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Serang. Pernyataan tersebut disampaikan Agus Kritianto dalam acara apel gabungan pengamanan pilkades serentak di wilayah hukum Kabupaten Serang.

“Seluruh Personel Polri diminta jaga netralitas. Jangan berpihak pada salah satu calon tertentu selama pilkades,” kata Agus Kristianto dalam sambutannya di alun-alun barat Kota Serang, Senin (22/6).

Lebih lanjut Agus menjelaskan, peresonel juga harus melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran pindana dalam pilkades. Agar masyarakat dapat memilih sesuai hak pilihnya.

“Saya perintahkan pada semua jajaran mengamankan semua tahapan pilkades dengan sebaiknya serta berupaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas). Oleh karena itu perlu kita kawal bersama menuju kehidupan bermasyarakat dan bernegara dalam berpolitik, “ katanya.

Kapolres Serang AKBP Nunung Syaifuddin menuturkan zona rawan pilkades terbagi dalam sembilan zona. “ Ke-sembilan zona itu berada di wilayah hukum 24 Polsek di Kabupaten Serang. Untuk mengantisipasi tingkat pengamanan selain menerjunkan 1600 personel kita juga menurunkan satu pleton Brimob dan Dalmas yang secara mobailing melakukan patroli,” katanya.

Menurut Syaifuddin,satu pleton Brimob dan Dalmas menjalankan patroli tidak fokus di satu zona saja. Tetapi berpindah-pindah, keliling ke semua zona.

“Antisipasi pengamanan pilkades juga di masing-masing polsek, para calon sudah mengikuti deklarasi damai. Kemudian memberdayakan Babinsa dan Anggota Polsek menggiatkan menjaga kamtibmas,” katanya.

Ketika ditanya apakah dana pengamanan pilkades yang bersumber dari APBD mengalami kenaikan, Nunung menjelaskan terkait dana pengamanan pilkades setiap polsek Rp 2,5 juta.”kalau menurut informasi saya terima dari Asda I (Nana Sukmana-red) dana pengamana pilkades akan dinaikan. Tapi di APBD perubahan nanti akan direvisi karena pengamanan yang kita laksanakan tidak hanya hari H pilkades, tetapi dari masa kampanye sampai penetapan kades devinitif,” katanya,.

Asda I Pemkab Serang Nana Sukmana membenarkan anggaran pengamanan pilkades akan dinaikan. “Kenaikan ada di APBD Perubahan nanti, untuk besaran nominalnya berapa belum dirapatkan. Tapi akan dialokasikan buat tambahan dana pengamanan ke Kodim dan Polres Serang, kita berharap pilkades dapat berlangsung aman dan terkendali,” katanya

1 komentar pada artikel ini

    pengumuman
    21 Agustus 2017 - 16:24:53 WIB
    amankan jalannya kegiatan tersebut


    << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

    Isi Komentar