Image
By agus

Pawai MTQ ke-49

Kamis, 21 Maret 2019; |  Jam 10:08:49 WIB  |  0 comments

Pemerintah Kabupaten Serang menyelenggarakan acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 pada 18 Maret sampai 22 Maret 2019 bertempat di Kecamatan Cinangka dan Anyer. Penunjukan lokasi penyelenggaraan MTQ di Cinangka dan Anyer dalam rangka memulihkan kondisi pariwisata di daerah yang terkena dampak tsunami Selat Sunda yang terjadi pada akhir tahun lalu. Rangkaian acara pembukaan MTQ pada 18 Maret diawali dengan pawai ta’aruf yang diikuti oleh seluruh OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Serang yang kemudian dilanjutkan pada malam harinya dengan acara pembukaan di panggung MTQ yang berdiri di lapangan Hotel Marbella Anyer. Bupati Serang membuka acara pawai ta’aruf dan pembukaan di panggung MTQ, turut hadir Bapak Wakil Bupati, Sekda Kabupaten Serang beserta jajaran dan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang.

Pada pawai ta’aruf dimeriahkan kafilah dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Serang dan ASN dari seluruh OPD se-Kabupaten Serang, begitu pula dengan warga masyarakat dari masing-masing kecamatan turut berpawai memeriahkan pawai ta’aruf. Peserta pawai dari Kecamatan menghadirkan ASN kecamatan, majelis ta’lim, rombongan PKK, pelajar, tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang mewakili desa-desa yang ada dalam wilayah administrasi kecamatan tersebut. Pawai juga dimeriahkan oleh musik dari alat musik tradisional khas Serang dan tetabuhan alat musik modern yang dibawakan pelajar dan masyarakat.

Pawai dimulai dari lapangan Hotel Marina Daksa sampai finish di lapangan Pasir Putih Hotel Florida Cinangka. Pawai dibuka dan dimulai dengan Laporan dari Komandan Dishub Kabupaten Serang kepada Bupati Serang yang kemudian dirangkaian pawai pasukan Paskibra dan drumband dari Pelajar Kecamatan Cinangka, Pasukan Bendera dan defile kafilah serta OPD se-Kabupaten Serang. Peserta pawai kafilah dan OPD memakai seragam batik yang beraneka ragam, batik yang ditonjolkan adalah batik Kaserangan yang merupakan produk asli umkm di Kabupaten Serang. Setiap OPD memakai corak batik yang seragam dan berbeda-beda pada setiap OPD. Pada setiap barisan pawai OPD diawali dengan kendaraan mobil hias yang bertemakan MTQ.

Mobil-mobil hias ini mengusung tema MTQ dan inovasi OPD yang menjadi tugas, pokok dan fungsi dan mobil hias ini menjadi ajang sosialisasi pada masyarakat. Seperti mobil hias Diskominfo selain menghadirkan hiasan Al-quran juga memasang gambar aplikasi-aplikasi yang sudah ada di Pemerintah Kabupaten Serang diantaranya aplikasi untuk pelayanan publik masyarakat seperti PPID, Sialip, Serangkab.go.id, Serangopen dan lain sebagainya. Begitu pula dengan mobil hias dari OPD lainnya menunjukan peran OPD tersebut dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Serang.

Dalam tenda kehormatan duduk Ibu Bupati Serang beserta Bapak Wakil Bupati, Bapak Sekda Kabupaten Serang, Ketua DPRD Kabupaten Serang, Unsur DPRD Kabupaten Serang dan Kepala OPD di Kabupaten Serang. Dalam MTQ ke-49 diharapkan dapat terpilih kafilah atau peserta MTQ yang akan dikirim ke MTQ tingkat provinsi dan memperoleh gelar juara di tingkat MTQ Provinsi Banten. Pada MTQ Kabupaten Serang sebelumnya juara umum diraih oleh Kecamatan Kibin.

Masyarakat di Cinangka dan Anyer turut menyaksikan acara pawai taaruf dengan antusias, acara ini selain manambah kemeriahan di lokasi pawai juga menambah penghasilan bagi warung dan toko yang ada di sepanjang jalur pawai ta’aruf. Dengan banyaknya peserta pawai tentunya kebutuhan makan dan minum menjadikan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar menjadi meningkat. Pemerintah Kabupaten Serang juga memberikan bantuan sembako pada desa-desa yang berada di sekitar Anyer dan Cinangka.