Image
By agus

Sekretariat Desk Peleg dan Pilpres

Senin, 22 April 2019; |  Jam 15:18:31 WIB  |  0 comments

Pemerintah Kabupaten Serang yang telah membentuk Desk Pemilu 2019, yang bertugas dalam membantu kelancaran pelaksanaanpemilu dan  pemantauan pemilu. Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden serta Wakil Presiden Republik Indonesia yang pelaksanaannya pada bulan April 2019 mendatang. Desk Pemilu, Desk Pileg, Pilpres dan Wapres ini mempunyai tugas pemantauan, sosialisasi, evaluasi dan koordinasi pelaksnaan kegiatan setiap tahapan Pemilihan Umum Legislatif (DPR, DPD dan DPRD) dan Pemilihan Presiden serta Wakil Presiden Republik Indonesia di Kabupaten Serang  Tahun 2019.

Desk Pemilu juga bertugas untuk menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu, memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan, serta  melaporkan informasi kepada Pemerintah Daerah mengenai pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu  Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Serang.

Dalam melaksanakan tugasnya, Desk Pemilu dibantu oleh Sekretariat Desk yang bertugas mencatat dan membantu menyelesaikan permasalahan saat sosialisasi, serta memonitoring persiapan pelaksanaan Pemilihan dan persiapan pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden serta Wakil Presiden RI di Kecamatan.

Desk Pemilu Tahun 2019 Kabupaten Serang telah merencanakan berbagai kegiatan dalam upaya untuk mensukseskan Pemilu di Kabupaten Serang. Diantaranya adalah rapat koordinasi sebagai persiapan Kegiatan Desk Pileg, Pilpres dan Wapres Kabupaten Serang. Desk Pemilu juga berencana untuk melakukan sosialisasi Pileg, Pilpres dan Wapres 2019, melakukan pemantauan pelaksanaan Pemungutan Suara pada tanggal 17 April nanti, dan juga melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaannya,”

Tim Desk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang membantu kelancaran pelaksanaan pemilu berisi personel dari sejumlah instansi dan organisasi perangkat daerah (OPD).  Selain tim Desk Pemilu Pemkab juga membentuk sekretariat Desk Pemilu yang bertugas memfasilitasi persiapan menjelang pelaksanaan pemilu, melakukan koordinasi lintas sektoral, dan membuat laporan informasi mengenai pelaksanaan Pemilu. Selain itu juga menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan yang berkaitan dengan pemilu, termasuk  memberikan saran penyelesaian permasalahan selama pelaksanaan pemilu.

Masing-masing instansi ikut membantu kelancaran pelaksanaan pemilu. Ada banyak intansi terlibat seperti dari Pemkab  sudah melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dan Bagian Pemerintahan, dan Badan Kesatuan Bangsa (Kesbang). Di luar itu masih ada unsur Muspida seperti Polres, Kodim, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri dan DPRD. Keberadaan Desk   dan Sekretariat desk penting mengingat Pelaksanaan Pemilu 2019 sebentar lagi.

Kehadiran Desk Pemilu dan Sekretariat Desk Pemilu dinilai sangat membantu, meski penyelenggaraan pemilu menjadi kewenangan KPU, namun keberadaan desk pemilu  tetap dibutuhkan. 

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyambut baik bahwasanya dengan adanya pesta demokrasi yang berlangsung tanggal 17 April berlangsung dengan tertib lancar langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Masyarakat agar menentukan pilihan sesuai dengan hati nuraninya hal ini agar stabilitas sosial politik di wilayah Kabupaten Serang agar tetap terjaga secara kondusif yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pembangunan Kabupaten Serang untuk  masa saat ini dan kedepannya