Image
By agus

Pengenalan Pemadam Kebakaran Pada Anak

Jumat, 26 April 2019; |  Jam 16:35:38 WIB  |  0 comments

Pada 25 April 2019 Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mendapat kunjungan Anak TK. Rombongan Anak TK ini didampingi guru dan orangtua, diterima oleh BPBD Kabupaten Serang dengan tangan terbuka. Anggota BPBD mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan anak – anak TK.

BPBD Kabupaten Serang menyambut baik program kunjungan sekolah terkait pencegahan bahaya kebakaran. Anak-anak yang datang setiap tahunnya cukup banyak dan sudah mengabarkan terlebih dahulu kedatangannya sehingga BPBD telah mempersiapkan materi yang akan disampaikan yang memang dapat dimengerti anak-anak.

Kunjungan ini adalah sebagai sarana pengenalan dan pembelajaran tentang pemadam kebakaran. BPBD selaku OPD yang bertugas menanggulangi bencana termasuk didalamnya Pemadam Kebakaran, mengenalkan peralatan dan perlengkapan Pemadam Kebakaran kepada para siswa. Untuk menarik dan menambah pengalaman anak-anak terhadap pemadam kebakaran, Unit Pemadam Kebakaran juga mengajak anak-anak dalam fun games atau permainan yang menghibur dan mengandung unsur pembelajaran.

BPBD dengan bahasa yang mudah dipelajari anak-anak menjelaskan bagaimana upaya pencegahan kebakaran dan upaya penanggulangan kebakaran. Langkah-langkah yang harus diambil apabila terjadi kebakaran, anak-anak diperankan pegawai BPBD mencontohkan keadaan situasi apabila terjadi kebakaran. Diharapkan anak-anak juga mendapat pengetahuan cara memadamkan api, apabila terjadi kecelakaan kebakaran di lingkungan rumah tinggal, dengan menyediakan karung yang sudah direndam air atau selimut besar yang sudah dibasahi air dapat mengurangi besarnya api.

Pada penjelasan yang lain pegawai BPBD juga memperkenalkan alat pemadam kebakaran berupa APAR yang mungkin ditemukan anak-anak apabila berada di pusat perkantoran atau pusat perbelanjaan. Dijelaskan APAR merupakan alat pemadam api ringan yang berisi gas yang dapat memadamkan api.  Anak-anak juga diperkenankan bertanya dan memegang peralatan agar tahu dan diperlihatkan cara memfungsikan alat tersebut.

Anak-anak terlihat antusias menyimak penjelasan dari pegawai BPBD terutama bidang pemadam kebakaran, pada saat itu pula anak-anak diperkenankan lebih dekat kepada mobil pemadam kebakaran. Mobil tersebut di perlihatkan dengan jelas dan dijelaskan fungsi dan nama-nama bagian dari peralatan yang ada di mobil. Penyemprot air yang biasa dipergunakan untuk memadamkan air di peragakan pula pada anak-anak agar lebih tahu dan paham fungsinya.

Dijelaskan pula apa yang harus dilakukan apabila mobil pemadam berpapasan di jalan. Mobil pemadam harus diberikan jalan agar dapat cepat tiba di lokasi kebakaran. Pengguna kendaraan lain pada saat beriringan dengan mobil pemadam harus dapat membuka jalan agar mobil pemadam bias lewat. Anak-anak diberi pemahaman agar mendahulukan mobil pemadam kebakaran yang lewat sehingga apabila nanti dewasa terpatri dalam ingatan untuk selalu memprioritaskan jalan mobil pemadam.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan agar pengetahuan anak-anak semakin meningkat terkait upaya pemadaman api dan waspada terhadap hal-hal yang dapat menimbulkan kebakaran. Karena anak adalah asset masa depan bangsa, pengajaran yang tepat akan menjadikan Anak Berkualitas dapat menjadi manusia dewasa yang berkualitas pula yang dapat memberikan karya terbaik untuk kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya meningkatkan indeks pembangunan manusia.