Image
By agus

Fashion Show dan Peringatan Hari Kartini

Kamis, 02 Mei 2019; |  Jam 08:48:46 WIB  |  0 comments

Minggu 21 April 2019, lomba fashion show memperingati Hari Kartini yg diselenggarakan oleh UMKM yang tergabung dalam SME Community bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Serang berlangsung meriah. Selamat untuk para pemenang yg belum menang jangan kecewa kalian sudah memberikan penampilan yg terbaik, tetap melestarikan budaya Indonesia dan cinta tanah air.

Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Hindia Belanda, 21 April 1879  – meninggal di Rembang, Hindia Belanda, 17 September 1904  pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu. Kartini adalah seorang tokoh Jawa  dan Pahlawan Nasional Indonesia, Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi.

Raden Adjeng Kartini berasal dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa. Ia merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera setelah Kartini lahir. Kartini adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI. Garis keturunan Bupati Sosroningrat bahkan dapat ditilik kembali ke istana Kerajaan Majapahit. Semenjak Pangeran Dangirin menjadi Bupati Surabaya pada abad ke-18, nenek moyang Sosroningrat mengisi banyak posisi penting di Pangreh Praja.

Kita berdiri di Negeri yang menyejajarkan hak perempuan dan laki-laki. Salah satu hasil perjuangan RA Kartini untuk para perempuan, mari mengabdi sepenuh hati, segenap raga untuk Negeri, Berkarya Nyata untuk Bangsa.

Pemerintah Kabupeten Serang dibawah Pimpinan Ratu Tatu Chasanah mengharapkan agar event ini dapat dikembangkan lebih lanjut dimana dapat menampilkan talenta-talenta lokal untuk mendesain adibusana yang go internasional. Diharapkan nantinya event ini akan semakin membesar agar dapat menjadi bagian dari Anyer Kultur Krakatau Festival atau AKCF yang merupakan suatu pawai budaya dalam rangka meningkatkan pariwisata di wilayah Kabupaten Serang.