Image
By agus

Kebakaran Rumah Jalan Anyer Mancak

Senin, 27 Mei 2019; |  Jam 13:27:19 WIB  |  0 comments

Telah diterima laporan via telepon di nomor (0254)200113 dari Ibu Evi bahwa telah terjadi Kebakaran Rumah di Jalan Anyer-Mancak Desa Grogol Indah Rt/Rw 01/04 Kec.Anyer 04 Maret 2019.

Laporan tersebut telah ditindak lanjuti oleh Tim Damkar yang bertugas pada saat itu. Tim tersebut merupakan tim yang sedang piket, dan peristiwa tersebut telah berhasil dipadamkan. Tim Damkar Kabupaten Serang melaksanakan tugas 1 x 24 jam untuk melayani dan menanggulangi bencana kebakaran.  Dan telah melaksanakan tugas dengan baik . Upaya yang telah dilakukan Tim Damkar telah terbukti sukses dengan padamnya kebakaran dalam waktu singkat.

Peralatan dan anggota tim yang telah terlatih turut mensukseskan tugas unit Damkar pada setiap kejadian. Diharapkan masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam mencegah bahaya kebakaran yang terjadi. Selain unit Damkar di satuan kerja BPBD juga terdapat unit lainnya yang juga mengantisipasi bahaya dan Bencana yang terjadi. Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan menganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis

Tugas lain dari BPBD adalah melindungi masyarakat dari ancaman dan dampak bencana, melalui:

1) pemberian informasi dan pengetahuan tentang ancaman dan risiko bencana di wilayahnya;

2) pendidikan, pelatihan dan peningkatan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana;

3) perlindungan sosial dan pemberian rasa aman, khususnya bagi kelompok rentan bencana;

4) pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, penanganan darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi

 

Unit kerja Damkar  selain bertugas memadamkan api terdapat juga upaya untuk mencegah bahaya kebakaran. Dan terdapat kegiatan pelayanan pencegahan kebakaran. Maksud dari kegiatan ini adalah melaksanakan piket pelayanan pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran selama 1 x 24 jam di kantor BPBD Kabupaten Serang yang dilaksanakan oleh para anggota damkar, piket anggota Tim SAR di Pos Tim SAR Kecamatan Anyer yang dilaksanakan oleh 9 orang anggota Tim SAR, serta pengamanan daerah wisata Anyer pada harihari libur selama 6 bulan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Penanggulangan Bencana dan Damkar di Sub Bidang Penanggulangan dan Bantuan Teknis. Hasil dari kegiatan adalah meningkatnya kesiapsiagaan anggota damkar dan Tim SAR dalam melakukan pelayanan pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran serta kewaspadaan akan kemungkinan terjadinya kecelakaan laut dan sungai, serta meningkatnya kewaspadaan terjadinya kebakaran pada saat hari-hari libur di Kecamatan Anyer.