Image
By agus

Sungai Lebak Wangi

Senin, 27 Mei 2019; |  Jam 13:29:34 WIB  |  0 comments

Minggu 10 maret 2016 Penanganan Hari ke-6 Laka Sungai di Kp. Jamplaon Desa Purwadadi Kec. Lebak Wangi yang terjadi pada hari Selasa, jam 15:30 nyatakan di tutup.

Proses evakuasi tersebut di lakukan oleh BPBD Kabupaten Serang dan seluruh relawan yang bertugas dalam Laka Sungai tersebut.

Dalam proses penyelamatan di hari ke 6 korban sudah diketemukan di pantai banggalok pulau panjang kec.pulo ampel dengan keadaan meninggal dunia (MD).

Petugas evakuasi yang merupakan salah satu unit BPBD yang bertugas melindungi masyarakat dari ancaman dan dampak bencana,  termasuk didalamnya evakuasi bencana dalam hal ini tenggelamnya korban.

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan menganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis

Selain evakuasi tugas lainnya yaitu:

  • pemberian informasi dan pengetahuan tentang ancaman dan risiko bencana di wilayahnya;
  • pendidikan, pelatihan dan peningkatan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana;
  • perlindungan sosial dan pemberian rasa aman, khususnya bagi kelompok rentan bencana; pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, penanganan darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi

Pemerintah Kabupaten Serang dalam naungan Ratu Tatu Chasanah berharap, dengan adanya kejadian tersebut sebagai himbauan kita semua agar lebih memperhatikan keselamatan diri saat berpergian.