Image
By agus

Buka Bersama Ponpes

Senin, 27 Mei 2019; |  Jam 13:30:52 WIB  |  0 comments

Pada tanggan 13 mei 2019 lalu kecamatan Ciruas mengadakan kegiatan ramadhan di Kp.Kubangawan Desa.Citerep Kec.Ciruas tepatnya di PONPES RIADHUL MUBTADIIN acara tersebut di namakan Linggih Sasarengan Buka Puasa.

Kegiatan tersebut di lakukan tentunya untuk menyemarakan bulan Ramadhan dan menjalin silahturahmi serta kajian agama bersama. Walaupun kegiatan yang berlangsung satu hari ini di selenggarakan sederhana, tak mengurungkan semangat santri di pondok pesantren tersebut untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Mengingat bahwa Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat  antara lain Ramadhan Bulan Diturunkannya Al-Qur’an.Ramadhan merupakan syahrul Quran (bulan Al-Quran). Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Allah Swt berfirman yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185). Sehingga buka puasa menjadi hal yang istimewa perlu dilakukan.

Dan di dalam bulan penuh kemuliaan dan keberkahan ini maka tidak hanya keberkahan di dalam menuai pahala, namun banyak keberkahan lainnya. Puasa ditinjau dari aspek ekonomi, maka Ramadhan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya. Bagi fakir miskin, Ramadhan membawa keberkahan tersendiri. Pada bulan ini seorang muslim sangat digalakkan dan disunnah untuk berinfaq dan bersedekah di bulan ramadhan kepada mereka. Bahkan diwajibkan membayar zakat fitrah untuk mereka.

Kepala Daerah Pemerintahan Kabupaten Serang Ratu Tatu Chasanah berharap agar kegiatan ini tetap berjalan untuk silahturahmi antar warga yang akhirnya menjadi hubungan baik untuk kedepannya.