Image
By agus

TK Mayapada ke Damkar

Selasa, 09 Juli 2019; |  Jam 09:22:48 WIB  |  0 comments

Bidang DAMKAR Pos Petir BPBD Kabupaten Serang menerima kunjungan dari TK Mayapada Kecamatan Petir, jumlah Guru pendamping 6 orang, jumlah Siswa 40 orang untuk pengenalan APD (Alat Perlindungan Diri) dan pengenalan bahaya kebakaran sejak usia dini.

Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Serang memberikan pengenalan APD ( Alat Perlindungan Diri ) dan pengenalan bahaya kebakaran sejak usia dini kepada siswa taman Kanak-kanak Mayapada, wajah wajah ceria 40 anak anak begitu terlihat senang begitu berkunjung ke kantor Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Serang, terlebih saat mereka diperkenalkannya mobil damkar.

Kunjungan ini bertujuan memberi pengetahuan apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran, selain mengenalkan alat para ,murid Tk juga di ajak melakukan simulasi kebakaran.

Para petugas memperkenalkan apa itu APD dan fungsinya apa saja  Alat Pelindung Diri (APD) / Safety Equipment adalah kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai bahaya dan risiko kerja untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang di sekelilingnya. Kewajiban itu sudah disepakati oleh pemerintah melalui Departement Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Hal ini tertulis di Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010 tentang pelindung diri. Adapun alat alat itu dijelaskan fungsinya oleh petugas pemadam kebakaran Kabupaten Serang yang pertama  Safety Helmet Berfungsi sebagai pelindung kepala dari benda yang bisa mengenai kepala secara langsung, Sabuk Keselamatan (safety belt) Berfungsi sebagai alat pengaman ketika menggunakan alat transportasi ataupun peralatan lain yang serupa (mobil, pesawat, alat berat, dan lain-lain), Sepatu karet ( Sepatu Boot ) Berfungsi sebagai alat pengaman saat bekerja di tempat yang becek ataupun berlumpur. Kebanyakan di lapisi dengan metal untuk melindungi kaki dari benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dsb, Sepatu Pelindung ( Safety Shoes ) Seperti sepatu biasa, tapi dari bahan kulit dilapisi metal dengan sol dari karet tebal dan kuat. Berfungsi untuk mencegah kecelakaan fatal yang menimpa kaki karena tertimpa benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dsb, Sarung Tangan Berfungsi sebagai alat pelindung tangan pada saat bekerja di tempat atau situasi yang dapat mengakibatkan cedera tangan. Bahan dan bentuk sarung tangan di sesuaikan dengan fungsi masing-masing pekerjaan, Tali Pengaman ( Safety Harnees ) Berfungsi sebagai pengaman saat bekerja di ketinggian. Diwajibkan menggunakan alat ini di ketinggian lebih dari 1,8 meter, Penutup Telinga ( Ear Plug / Ear Muff ) Berfungsi sebagai pelindung telinga pada saat bekerja di tempat yang bising, Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses) Berfungsi sebagai pelindung mata ketika bekerja, Masker (Respirator) berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk (misal berdebu, beracun, dsb), Pelindung wajah (Face Shield) berfungsi sebagai pelindung wajah dari percikan benda asing saat bekerja (misal pekerjaan menggerinda) dan Jas Hujan (Rain Coat) berfungsi melindungi dari percikan air saat bekerja (misal bekerja pada waktu hujan atau sedang mencuci alat).

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah Pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi kegiatan Kerjasama yang dilakukan antara PAUD wilayah Kabupaten Serang dengan BPBD kabupaten Serang guna melakukan edukasi kepada masyarakat semenjak dini akan pentingnya keberadaan BPBD kabupaten Serang dan teknik-teknik dan tata cara menghadapi suatu kejadian kebencanaan sangat Diharapkan dengan adanya pendidikan semenjak dini pengetahuan yang diajarkan akan melekat ke dalam hati anak-anak PAUD untuk menjadikan warga negara yang tanggap bencana dan mampu mencegah terjadinya bencana seperti kebakaran dan sebagainya yang pada hari akhir nanti bibit-bibit ini akan mewujudkan dan meningkatkan indeks pembangunan manusia di wilayah Kabupaten Serang.