Image
By agus

Silat Keserangan

Selasa, 09 Juli 2019; |  Jam 09:39:24 WIB  |  0 comments

Mau berlibur sambil belajar silat,  Ayo datang ke Festival Silat Kaserangan Piala Bupati Serang – AKFC 2019.

Ayo datang dan saksikan Festival Silat Kaserangan Piala Bupati Serang ke – 4 dalam rangkaian Anyer Krakatau Culture Festival ( AKCV ) 2019. Catat hari dan tanggalnya Selasa 16 Juli 2019 di Pantai Pal Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang.

Jurus silat Kaserangan yang digagas langsung oleh Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE, M.Ak, kemudian diciptakan 13 sesepuh pendekar dari 12 aliran silat yang ada di Kabupaten Serang.

Silat tak hanya sekedar serangkaian gerakan fisik, jauh dari itu silat adalah pengingat atau semacam sebaris panduan agar manusia awas menjalani kehidupan yang ditetapkan oleh Sang Maha Kuasa.

Inti dari silat ada pada kekuatan di dalam jiwa , kekuatan ini tak bisa diukur dari tampilan fisik karena seseorang yang fisiknya  atau pembawaannya lembah lembut bisa mendadak keras saat memeragakan gerakan silat. Ayo berlibur ke Pantai Anyer melihat ratusan pesilat dari berbagai daerah di Pantai Anyer.

Silat merupakan bagian dari budaya daerah yang pada akhirnya membentuk budaya nasional pengembangan budaya merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah daerah sesuai dengan peraturan nomor titik titik titik mengenai pembagian urusan antara pusat dan daerah.

Secara demografis silat diminati oleh para remaja di wilayah Kabupaten Serang di mana berdasarkan data statistik dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Serang jumlah warga masyarakat  adalah 747.618 orang laki-laki dan 716.673 orang perempuan dengan pangsa demografis yang sedemikian besarnya Sudah Selayaknya kegiatan silat ini lebih di sosialisasikan kepada warga masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan dengan adanya kegiatan olahraga ini akan menciptakan warga masyarakat yang sehat sesuai dengan adagium mensana in corpore sano yaitu didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat selain itu juga Dengan adanya kegiatan pencak silatnya juga membangun budaya dengan kearifan lokal sehingga warga masyarakat lebih mengenal asal usul dan cita rasa pada daerahnya masing-masing.