Image
By agus

Laka laut, Satu Wisatawan Meninggal Dunia

Selasa, 09 Juli 2019; |  Jam 15:52:00 WIB  |  0 comments

Laka laut, Satu Wisatawan Meninggal Dunia

SERANG,-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang melakukan evakuasi terhadap satu unit perahu wisatawan yang tenggelam setelah dihantam ombak besar di Pantai Pasir Putih Florida 2 Kecamatan Cinangka‎, Sabtu (6/7/2019). Dalam peristiwa nahas tersebut satu orang atas nama Siti Aminah (75) dinyatakan meninggal dunia sedangkan 18 penumpang lainnya dan dua anak buah kapal dinyatakan selamat dan mengalami luka-luka.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan,‎ pihaknya mendapatkan laporan adanya peristiwa tersebut dari salah seorang anggota SAR BPBD Kabupaten Serang Mufti Ali. Dimana disampaikan telah terjadi kecelakaan laut di sekitar pantai pasir putih Florida Kecamatan Cinangka.

Sekitar pukul 13.10 BPBD Kabupaten Serang pun langsung berkoordinasi dengan Tim SAR yang ada di lokasi kejadian. Berdasarkan informasi kejadian tersebut berawal saat rombongan wisatawan bermain menggunakan perahu ke tengah laut. “Biasa kan wisatawan ingin bermain, seperti naik banana boat,” kata Nana.

Namun kemudian sekitar 20 meter dari bibir pantai, tiba-tiba saja muncul ombak yang cukup besar. Ombak tersebut kemudian menghantam perahu tersebut hingga terbalik. Kondisi itu mengakibatkan para penumpang panik dan jatuh tenggelam.

Nana mengatakan, satu ‎orang penumpang atas nama ‎Siti Aminah (‎75) asal Jl. Jamuju VII Depok Timur, Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Sukmajaya Depok, dinyatakan meninggal dunia. ‎"Sementara 2 ABK  dan 18 Penumpang selamat. Beberapa orang menderita luka ringan (Memar), kejadian sekitar pukul 11.00," ujarnya.

Ia menuturkan, saat kejadian pihaknya sudah berusaha memberikan pertolongan dengan membawa para korban ke klinik terdekat. Namun sekitar pukul ‎13:30 salah seorang korban tidak dapat diselamatkan. "Kita sudah membawa korban ke klinik," katanya.

Korban meninggal dunia pun langsung dibawa oleh pihak keluarga untuk kemudian dikebumikan. Sedangkan untuk korban luka-luka langsung mendapatkan perawatan di klinik setempat. “Kami bekerjasama dengan SAR BPBD, Polsek Cinangka Pol air dan Balawista untuk menangani korban laka laut tersebut,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Serang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang berharap kejadian serupa bisa diminimalisir. Penjagaan terhadap daerah wisata akan terus ditingkatkan guna memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah pun selalu siap dan menempatkan petugas di sekitar kawasan wisata. Dengan demikian diharapkan kunjungan wisatawan ke kawasan pantai Cinangka bisa terus meningkat setiap tahunnya. (*)