Image
By agus

ANTISIPASI BANJIR SUNGAI BENDUNG, DANA DESA HADIR BERI SOLUSI DESA HARJATANI KEC.KRAMATWATU

Senin, 19 Agustus 2019; |  Jam 09:48:44 WIB  |  0 comments

Ketika di musim penghujan tiba, tidak jarang wilayah RW 02 di desa harjatani kec.kramatwatu kab.serang selalu di Landa banjir ,

Hal ini yang tertuang saat dengar pendapat pada saat acara musyarawarah desa (musdes) sejak tahun 2018 lalu hingga sekarang yang di gelar di balai desa harjatani .

Hasani sekdes harjatani  atau yang akrab di panggil metong ini membenarkan, bahwa kendala yang di hadapi masyarakat kami terutama yang berdomisili di RT 02 dan RT 03 kebetulan  masuk wilayah RW 02 banyak di keluhkan warga karena pendangkalan sungai bendung yang menjulur ke perumahan warga di desa harjatani, hal ini di duga akibat  salah satunya banyak kiriman  lumpur pasir dari galian di kec. waringin kurung, yaitu tepatnya di desa sambilawang yang turun melalui sungai bendung sehingga banyak lumpur dan sampah yang terbawa dari hulu ke hilir..

Tapi Alhamdulillah, sejak ada dana desa yang di gulirkan pemerintah pusat, maka pemerintah desa sangat terbantu dan menjadwalkan untuk bergotong royong membenahi saluran pengerukan  sungai bendung sehingga kedepan apabila hujan tiba dapat di antisipasi problem banjirnya.

Sementara itu Mastari sebagai tokoh masyarakat panutan desa Harjatani yang memprakarsai kegiatan ini sangat senang dan terus mendukung sepenuhnya upaya yang dilakukan pemerintah desa, tidak henti-hentinya menyerukan akan pentingnya menjaga lingkungan ,  akibat sungai yang meluap, tidak hanya ke jalan lingkar saja, namun sudah masuk terutama ada 4 RW yang terkena imbasnya salah satunya kp.cigodag. hal ini memotivasi warga juga untuk bergerak bergotong royong"pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kasi Ekbang Kec.Kramatwatu Mamak Abror, SE, MM, membenarkan bahwa di lokasi sungai bendung itu memang sungainya sangat dangkal, terlebih sekarang dengan kepadatan penduduk dan jalur drainase yang harus terus di bersihkan, membuat kondisi sungai bercampur sampah, maka dari itu kami himbau kepada masyarakat agar terus menjaga kebersihan lingkungan dan gelorakan semangat gotong royong warga, hal ini dikatakan di sela-sela monitoring kunjungan di balai desa baru-baru ini.

Abror menambahkan, "melalui dana desa hasil musdes ini mampu menjawab permasalahan di masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan kebersamaan hidup dalam bergotong royong membersihkan lingkungan termasuk sungai bendung ini" ujarnya.