Image
By agus

Bapenda Gandeng Tokopedia

Senin, 19 Agustus 2019; |  Jam 11:57:46 WIB  |  0 comments

SERANG,- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang bekerjasama dengan toko online yakni Tokopedia, 5 Juli 2019. Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa lebih mudah dalam melakukan pembayaran Pajak PBB-P2.

Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) adalah pajak atas bumi dan bangunan yang dimiliki, dikuasai dan atau dimanfaatkan oleh orang peribadi atau badan. Kecuali kawasan yang digunakan untuk kegiatan usaha perkebunan, perhutanan Dan pertambangan.

Bumi adalah permukaan bumi yang meliputi tanah dan perairan pedalaman serta laut wilayah kabupaten/kota. Bangunan adalah konstruksi teknis yang ditanam atau diletakkan secara tetap pada tanah dan atau laut.

Sedangkan NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak adalah harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi secara wajar, dan bilamana tidak terdapat transaksi jual beli, NJOP ditentukan melalui perbandingan harga dengan objek lain yang sejenis. Atau senilai perolehan baru atau NJOP pengganti.

Keberadaan pajak sendiri menjadi unsur penting dalam suatu daerah. Sebab pajak tersebut menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang kemudian akan digunakan untuk anggaran pembangunan.

Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan serapan dan potensi pajak PBB P2 di Kabupaten Serang, Bapenda terus berupaya inovatif agar masyarakat bisa mudah dalam melakukan pembayaran. Salah satunya bekerjasama dengan Tokopedia.

Dengan kerjasama ini, pembayaran pajak bisa lebih dekat. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor pajak, namun cukup melalui smartphone dan pajak bisa terbayar.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu SE, M.Ak mengapresiasi kinerja Bapenda tersebut. Sebab bagaimana pun Bapenda adalah garda terdepan untuk menyerap potensi pajak daerah.

Dirinya berharap masyarakat semakin hari semakin memiliki kesadaran untuk membayar pajak. Sebab pajak yang dibayarkan tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan baik kesehatan, infrastruktur hingga pendidikan. Dengan demikian target peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) akan terus meningkat. (*)