Image
By agus

Satpol PP Patroli Anjal dan Anak Punk

Rabu, 21 Agustus 2019; |  Jam 10:21:09 WIB  |  0 comments

SERANG,- Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kabupaten Serang giat melakukan patroli malam di Kecamatan Ciruas, 25 Juni 2019. Hal itu dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat tentang keberadaan anak jalanan dan anak punk yang kerap meresahkan masyarakat.

Satpol PP meruoakan satuan perangkat kerja yang bertugas dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan peraturan daerah. Organisasi perangkat kerja Satpol PP ditetapkan dengan peraturan daerah.

Berdasarkan laporan keberadaan anjal dan anak punk tersebut biasa berkeliaran di sekitaran lampu merah dan taman K3 Ciruas. Patroli tersebut dilakukan secara bergantian dengan sistem piket.

Selama patroli, Anggota Satpol PP tersebut menyisir semua lini yang biasa digunakan anjal dan anak punk. Berdasarkan laporan masyarakat keberadaan mereka memang kerap meresahkan.

Oleh karena itu, sebagai garda terdepan pemegang kewenangan menegakan perda tentang  ketertiban umum, Satpol PP pun turun langsung ke lapangan.

Selain melakukan patroli malam, Satpol PP juga biasa melakukan razia anak jalan, anak punk dan Orang dengan gangguan Jiwa (ODGJ). Sebab di kabupaten serang masih banyak ditemukan kasus kasus tersebut. Kemudian juga Satpol PP kerap melakukan operasi penyakit masyarakat (Pekat) di sejumlah titik tempat hiburan malam.

Dalam operasinya, Satpol PP biasa melibatkan unsur muspika yang terdiri dari unsur kecamatan, kepolisian dan TNI. Pemantauan pun dilakukan secara berkala dan terus menerus. Kegiatan yang dilakukan pun berjalan dengan aman lancar dan terkendali.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah SE, M.Ak mengapresiasi kinerja dari dinas Satpol PP tersebut. Seperti tertuang dalam peraturan daerah, keberadaan Satpol PP harus pro aktif untuk menjaga ketertiban umum. (*)