Image
By agus

Penilaian Peningkatan Peranan Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera Kabupaten Serang

Senin, 14 Oktober 2019; |  Jam 09:51:40 WIB  |  0 comments

Wakil Bupati Serang Bapak Pandji Tirtayasa menghadiri kegiatan penilaian lomba peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) di Desa Kamurang  Kecamatan Cikande, Jumat (11/10). Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Serang, serta Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Kabupaten Serang, Tim Pokja P2WKSS  di OPD lingkungan Pemkab Serang, Camat Cikande  dan Perwakilan OPD Kabupaten Serang serta Tim Penilai Dari OPD Provinsi Banten.

Wakil Bupati Serang menyampaikan dalam sambutannya, Desa Kamurang  merupakan perwakilan Kabupaten Serang dalam mengikuti lomba P2WKSS tingkat Provinsi Banten. Ia mengatakan, apa yang dinilai kurang baik tentunya menjadi masukan yang sangat berarti bagi pemerintah Kabupaten Serang untuk menjadi lebih baik lagi.

Ditambahkannya, program terpadu P2WKSS merupakan program prioritas yang kami sandingkan dengan Kampung KB yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi kendala yang ada, sehingga setiap tahun kami menetapkan lokasi P2WKSS berdasarkan kepada desa yang prioritas dan merupakan desa model program pemberdayaan perempuan dengan harapan program ini berkelanjutan serta dapat ditiru oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Serang.

Ditambahan pula bahwa Pembangunan desa merupakan salah satu pembangunan yang menjadi prioritas pemerintah dalam upaya memajukan kesejahteraan rakyat. Desa adalah kekuatan sejati Negara ini. Potensi fisik desa seringkali menjadi hal yang belum terfasilitasi padahal kekayaan dan keindahan alam desa yang dimiliki Negara ini merupakan mutiara alami yang tak ternilai harganya. Belum lagi adat istiadat, budaya, serta nilai-nilai kearifan lokal desa yang tak terhitung jumlahnya adalah harta yang membanggakan

Program P2WKSS di Desa Kamurang khususnya di RW binaan telah berjalan sesuai rencana walaupun kami menyadari bahwa masih terdapat adanya kekurangan. Hal ini terbukti adanya beberapa perubahan yang signifikan baik fisik maupun perilaku masyarakatnya bila dibandingkan dengan kondisi awal pelaksanaan program. Kondisi ini semakin menyakinkan kepada kami bahwa masyarakat RW binaan di Desa Kamurang memiliki kemauan untuk berubah dan melalui momentum evaluasi ini membuktikan bahwa Kamurang tidak kalah dari desa-desa lain di  Banten.