Image
By agus

SUARA ANAK KABUPATEN SERANG

Kamis, 21 November 2019; |  Jam 09:16:34 WIB  |  0 comments

Diskominfosatik-Serang. Pemerintah Kabupaten Serang pada peringatan hari anak mempublikasikan suara anak Kabupaten Serang yang di prakarsai Forum Anak Kabupaten Serang sebagai perwakilan anak-anak Kabupaten Serang. Suara anak Kabupaten Serang ini merupakan keinginan dan kebutuhan anak yang ada di Kabupaten Serang. 

Jumlah anak di Kabupaten Serang yang berusia 0 sampai 19 tahun mencapai  +477.080 jiwa tersebar di seluruh 29  kecamatan dan 326 desa. Perbandingan anak laki-laki dan perempuan mencapai  seimbang. Anak laki-laki mencapai 51% sisanya adalah anak perempuan. Suara anak Kabupaten Serang berisikan keinginan dan kebutuhan yang didasarkan hak-hak anak yang harus diterima setiap anak.

Hak-hak anak sebagaimana dicantumkan dalam Keputusan Presiden No. 36 tahun 1990 yang mengadop konvensi hak-hak anak dunia. Hak-hak tersebut adalah hak untuk bermain, mendapatkan pendidikan, mendapat perlindungan, mendapatkan rekreasi, mendapatkan makanan, mendapatkan akses kesehatan, mendapatkan nama dan identitas, mendapatkan status kebangsaan, berperan dalam pembangunan, mendapat kesamaan,

Isi Suara anak Kabupaten Serang sebagai berikut :

  1. Mendukung pemerintah untuk membuat regulasi terkait musrenbang anak tingkat daerah dan merealisasikan hasil musrenbang anak tersebut.
  2. Memohon kepada pemerintah memudahkan akses pelayanan akte kelahiran di daerah tertinggal.
  3. Mengajak keluarga di Kabupaten Serang untuk meningkatkan pengasuhan terhadap anak dan pengawasan terhadap tayangan  yang tidak layak anak.
  4. Memohon pemerintahan menyelaraskan peraturan perundang-undangan mengenai batas minimal usia perkawinan.
  5. Forum anak bersama pemerintah berkomitmen untuk membatasi penggunaan plastik sekali pakai dan mendayagunakan sampah plastik untuk di daur ulang di Kabupaten Serang.
  6. Menolak segala bentuk perundungan di sekolah, lingkungan masyarakat dan media sosial
  7. Memohon kepada pemerintah untuk menyediakan fasilitas peningkatan kebudayaan agar anak Indonesia dapat melestarikan nilai budaya dan cinta tanah air
  8. Mendukung pemerintah menerapkan  wajib belajar 12 tahun dan mengoptimalkan anggaran pendidikan serta memudahkan sistem masuk sekolah.
  9. Memohon kepada pemerintah untuk pemerataan fasilitas bagi anak berkebutuhan khusus agar dapat mengurangi diskriminasi.
  10. Forum anak, masyarakat dan pemerintah bekerjasama untuk menunjang masa depan anak berhadapan dengan hukum.
  11. Meminta kepada pemerintah untuk memperbaiki sarana rute aman ke sekolah (trotoar, lampu penerangan  jalan dan lainnya).
  12. Memohon kepada pemerintah untuk menyediakan ruang publik ramah anak yang bebas asap rokok.