Image
By media

Lounching Pemilihan Kepala Daerah

Senin, 09 Desember 2019; |  Jam 10:46:19 WIB  |  0 comments

SERANG – Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa memastikan, para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang netral pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang tahun 2020 mendatang. Hal itu, disampaikan Pandji usai menghadiri Launching Pemilihan Bupati (Pilbub) dan Wakil Bupati (Wabup) Serang di Alun-alun Kecamatan Kramatwatu, Rabu (4/12/2019). Ia menjelaskan, aturan ASN untuk netral pada Pilkada sudah ditetapkan dalam aturan Undang-undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2004 tentang Kode Etik Pegawai Negeri Sipil. “Sudah pasti ASN akan bersikap netral. Tidak mungkin ASN menjadi pemenangan salah satu kontestan,” tegas Pandji kepada wartawan.

Pandji menilai, masyarakat saat ini sudah cerdas karena sudah empat kali pemilihan calon kepala daerah secara langsung yang dipastikan terjadi peningkatan kualitas demokrasi. “Kualitas para pemilih juga sudah bagus. Masyarakat tidak bisa lagi dibodohi oleh orang tertentu,” tandasnya.

Paling terpenting, kata Pandji, pemilihan kepala daerah pada tahun 2020 untuk menyakinkan kepada masyarakat bahwa pesta demokrasi bukan hanya sekedar ritual lima tahun saja. Namun, sebagai peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Kabupaten Serang pada lima tahun mendatang. “Masyarakat menentukan sendiri hak pilihnya akan diberikan kepada calon pemimpin yang diharapkan lima tahun ke depan membawa kebaikan,”ungkap Pandji.

Ia menuturkan, launching saat ini bukan hanya menjelaskan tentang tahapan Pilkada tetapi memberikan pendidikan politk dan sosialisasi tentang rencana pilkada lima tahun ke depan. Sehingga tercipta pemilih-pemilih yang berkualitas. “Pemilih yang berkualitas akan melahirkan pemimpin yang berkualitas,” tukas Pandji.