Image
By agus

Bimbingan Teknis Produksi Conblok di Darunnajah Kabupaten Serang

Rabu, 29 November 2019; |  Jam 11:05:25 WIB  |  0 comments

Serang- Pemerintah Kabupaten Serang menyambut baik program Program Penumbuhan Wirausaha Baru IKM di pondok pesantren Darunnajah khususnya Pospes Darunnajah 14 di Serang. Penumbuhan wirausaha baru di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) melalui program Santripreneur.Program santripreneur merupakan salah satu wujud konkret dari upaya pemerintah dalam menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan para santri di Pondok Pesantren.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan, untuk membangun ekosistem kewirausahaan yang lebih baik adalah tugas dan tanggung jawab bersama antara Pemerintah dengan masyarakat.

"Oleh karena itu saya mendorong agar para santri selepas lulus dari pondok pesantren tidak hanya menjadi guru di Mushola atau Masjid tapi juga menjadi seorang Santripreneur," kata Gati seusai membuka Bimbingan Teknis Produksi dan Fasilitasi mesin/peralatan Konblok (Paving Blok) untuk Pondok Pesantren Darunnajah 14 pada Senin (25/11).

Program Penumbuhan Wirausaha Baru IKM di pondok pesantren Darunnajah khususnya Pospes Darunnajah 14 di Serang, Banten ini diberikan dalam bentuk Bimbingan Teknis Produksi dan Fasilitasi mesin/peralatan Konblok (Paving Blok).

"Peserta bimbingan teknis yang merupakan santri dan alumni serta pengurus pondok pesantren diharapkan pada akhirnya akan menjadi wirausaha yang mandiri dan dapat menjadi pionir bagi santri lainnya untuk maju dan berkembang dalam berwirausaha," tutur Gati

Gati menambahkan, fasilitasi mesin/peralatan produksi produk Konblok diberikan kepada pondok pesantren Darunnajah 14 dengan harapan alat ini dapat dimanfaatkan bagi pondok pesantren sebagai unit bisnis yang baru.  

Dijelaskan Gati, pondok pesantren dapat berperan strategis dalam mendukung pertumbuhan industri di Indonesia. Pondok pesantren memiliki  peran sebagai “Agent of Development” yang sangat penting dan strategis dalam mengembangkan sumber daya masyarakat di pedesaan sehingga menjadi sarana yang penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Pimpinan Ponpes Darunnajah 14, Serang, Banten Fajat Suryono menyambut baik program Bimtek Produksi dan Fasilitasi mesin/peralatan Konblok (Paving Blok) di lingkungan Ponpes-nya. Merupakan satu kehormatan bagi kami mendapat dukungan yang sangat besar dari Kemenperin berupa peralatan mesin yang sangat berguna dan pihaknya akan menjaga dan merawat seluruh fasilitas mesin dan  peralatan yang dihibahkan kepada kami.