Image
By media

Kabupaten Serang Peduli HAM

Kamis, 12 Desember 2019; |  Jam 09:44:26 WIB  |  0 comments

Keberhasilan diterimanya penghargaan tiga kali berturut-turut oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan diserahkan langsung Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly dan diterima oleh Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Asep Saepudin Mustopa di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Tujuan dari penilaian Kota Kabupaten Peduli HAM (KKP HAM) adalah Memberi motivasi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan P-5 HAM (Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Pemajuan dan Penegakkan Hak Asasi Manusia) Sesuai amanat UUD 1945 dan UU No.39/1999 tentang Hak Asasi Manusia. 

Penghargaan yang diraih Pemkab Serang didasarkan pada penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja dalam melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan kemajuan HAM. Kemudian dalam membina dan mengembangkan pelaksanaan HAM.

Penilaian didasarkan atas terpenuhinya tujuh kriteria yaitu hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan. Penghargaan tersebut, bertepatan dengan Peringatan HAM se-Dunia ke-71 tahun 2019. Diketahui, prestasi tersebut merupakan komitmen Pemkab Serang terhadap pemenuhan HAM bagi seluruh masyarakat Kabupaten Serang.

Penghargaan terwujud berkat kerja sama dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bawah arahan langsung Ibu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Pencapaian penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM tidak terlepas dari peranan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten dan Pemerintah Provinsi Banten, yang memberikan arahan maupun pendampingan dalam pemenuhan kriteria HAM yang telah ditetapkan.