Image
By Administrator

PEMKAB AKAN BANGUN BLK DI SETIAP KECAMATAN

Selasa, 13 Desember 2016; |  Jam 09:11:04 WIB  |  0 comments

Bupati Serang Hj. Ratu Chasanah mengunjungi salah satu Balai Latihan Kerja di KecamtaPemkab Serang terus berupaya  untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Serang. Bupati Serang mendorong pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) ketrampilan, khususnya menjahit di 29 Kecamatan. Pembangunan fisik BLK pun, ditargetkan selesai pada tahun 2017. Hal tersebut terungkap pada kunjungan Tatu ketempat pelatihan kerja menjahit di Kecamatan Kibin pada tanggal 2 Maret 2016 lalu.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara pemerintah Desa Kibin dengan PT Eagle Nice dan Yayasan Al Hamidiyah. Turu mendampingi Bupati dalam kunjungan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang Abdullah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Ahmad Saefudin, Camat Kibin Raden Lukman Harun, Kapolsek Cikande Kompol Tedy Arief serta Kepala KUA Kibin Gozali.

Bupati mengungkapkan bahwa masalah pengangguran ini dikarenakan tidak ketemunya antara supply (penawaran) dan demand (permintaan) SDM-nya sehingga banyak yang tidak bisa masuk pabrik,  ujar Tatu dalam paparannya dihadapan para kepala desa di Yayasan Al Hamidiyah, Desa Kibin.

Dari situlah peran pemda perlu mencari solusi dan kerjasama pelatihan menjahit antara Desa Kibin dan PT. Eagle Nice ini menjadi cikal bakal pembangunan BLK, ujar Tatu. Oleh karena itu, Tatu berjanji kedepan BLK akan dibuat lebih besar dan representatif.

 Silahkan didiskusikan di Kibin, maunya seperti apa kerjasamanya dan penetapan lokasi lahannya. Apakah pakai tanah pemda, hibah, lembaga atau tanah masyarakat pribadi,  terangnya.

Yang penting, intinya pembangunanBLK ini bisa menyelesaikan permasalahan pengagguran. Jika saat ini bisa dilatih 90 anak. Sementara, perusahaan mempunyai 60 mesin untuk melatih180 anak, berarti tinggal tempatnya. Saya targetkan tahun 2017 sudah ada pembangunan fisik BLK, ujar Tatu.

Bupati juga menghimbau agar SKPD terkait secepatnya mempersiapkan lahan sehingga pada APBD perubahan sudah sudah ada DED fisik BLK. Tatu berharap, BLK bisa dibangun disetiap kecamatan, disesuaikan dengan industri dan potensi yang ada dimasing-masing kecamatan.

 BLK juga harus didesain dengan bagus. Dengan adanya kerjasama tersebut, Saya sebagai Bupati Serang menginginkan pabrik-pabrik yang ada di Kabupaten Serang diisi anak-anak Kabupaten Serang sendiri,  imbuhnya.

Camat Kibin Raden Lukman Harun menyambut baik kehadiran Tatu yang sudah memberikan motivasi kepala desa dan perusahaan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui lapangan pekerjaan.  Kami berharap, Disnakertrans bisa menindaklanjuti kebijakan Ibu Bupati untuk memfasilitasi pembangunan BLK, serta menjalin kerjasama mempersiapkan tenaga kerja dengan pihak perusahaan,  harapnya.

Menurut Kepala Disnakertrans Kabupaten Serang Abdullah, BLK sudah selayaknya segera dibangununtuk menyiapkan SDM Lokal sesuai keinginan perusahaan.  Soal  fisik pembangunan BLK, insyaallah segera kita usulkan,  ujarnya. ***

Tags:  Berita |205|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar