Image
By Administrator

MENTERI DESAMARWAN JAFAR KUNJUNGI KAB.SERANG

Selasa, 13 Desember 2016; |  Jam 09:17:09 WIB  |  0 comments

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar melakukan kunjungan ke Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang Tanggal 2 Maret 2016 kemarin. Dalam kunjungannya Marwan mengungkapkan bahwa Kementriannya akan menjamin bahwa alokasi dana desa (DD) akan naik tiap tahun. Kenaikan itu akan mendongkrak kemandirian desa dalam partisipasi pembangunan, termasuk dalam meningkatkan kesejahteraan petani dengan akan didorongnya pembangunan akses  kota menuju desa-desa terpencil.

Menurutnya Pemerintah Pusat telah menyiapkan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp.47 Triliun. Jumlah ini mengalami kenaikan dibanding tahun 2015 pada kisaran Rp.20,7 Triliun. Dengan begitu setiap desa akan mendapat dana pusat sekitar Rp.600-800 Juta.  Jika ditambah dari dana bagi hasil dari Pemerintah Kabupaten maka diperkiraan setiap desa akan mendapatkan ADD lebih dari Rp.1 Miliar,  terang Marwan.

Ia menghimbau agar pembangunan infrastruktur bisa menggunakan bahan material dari desa itu sendiri. Ia pun mengingatkan kepada jajaran aparatur desa untuk menyerap anggaran desa sebaik-baiknya. Sewaktu-waktu kami dari Kementrian akan melakukan uji petik atau sidak ke beberapa desa untuk mengecek peruntukannya,  ujar Marwan.

Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan kemudahan dan kepastian pada perangkat desa dalam penyusunan APBDes sesimple mungkin.  Tidak perlu njlimet seperti yang dibayangkan, ujarnya. Terpenting bisa dipertanggungjawabkan, sesuai asas manfaat kebutuhan masyarakat,  katanya.

Sisi lain ia berharap agar aparat penegak hukum, ikut andil dalam percepatan ADD. Tidak sebaliknya dimana kepala desa menjadi khawatir lantaran takut diperiksa penyidik.  Mari kita bantu dan jangan mencari-cari kesalahan kades dalam menyerap anggaran DD,  tegasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Serang Panji Tirtayasa mengaku tahun ini Pemkab telah menyiapkan dana perimbangan Rp.349,3 Miliar. Dana perimbangan akan diakumulasikan dengan ADD dari pusat untuk digelontorkan ke desa.  Dengan begitu setiap desa mendapatkan Rp.1 Miliar lebih pada tahun ini,  terang Pandji.

Meski begitu, kata dia dirinya berharap kepada perangkat desa dapat segera mempersiapkan program pembangunan, merencanakan pekerjaan dengan baik. Jangan sampai melihat kucuran dana yang sangat besar, justru malah kebingungan, ujar Pandji.

Usai menggelar tanya jawab bersama warga, Mendes PDTT dan rombongan menyempatkan diri untuk blusukan dikampung-kampung, melihat hasil pertanian disekitar lokasi kunjungan dan melihat langsung panen raya jagung di Kampung Sukarame, Kecamatan Cikeusal. ***

Tags:  Berita |814|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar