Image
By Administrator

PEMKAB SOSIALISASI PENANGANAN LIMBAH

Selasa, 13 Desember 2016; |  Jam 09:33:14 WIB  |  0 comments

Kabupaten Serang akan segera kebanjiran investor ke kawasan Industri dengan nilai investasi mencapai 8 Triliun. Sebanyak 71 industri akan masuk kawasan Modern Land.

Bupati Ratu Tatu Chasanah meminta Badan Lingkungan Hidup (BLH) menyiapkan solusi penanganan limbah untuk menciptakan industri yang ramah lingkungan.  Informasinya akan masuk 71 industri ke kawasan Moder Land Cikande. Tapi nanti di Modern harus diperhatikan gimana persyaratan limbahnya,  kata Bupati seusai membuka seminar Based Industrial Environment yang diselenggarakan BLH Kabupaten Serang bekerja sama dengan PT. Farmel Cahaya Mandiri (FCM) di Hotel Ratu Bidakara Serang Pada 24 Februari 2016 lalu.

Tatu mengungkapkan bahwa sebelumnya tanggal 22 Februari 2016, ia bertemu dengan Presiden RI di Istana Negara, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa kawasan industri didaerah diperluas dan menyederhanakan persyaratan yang bisa menghambat investasi.

Oleh karena itu, kaitan dengan dampak lingkungan dipastikan harus sudah siap dan terus melakukan perbaikan. Tatu meminta agar BLH konsen terhadap industri.  Investasi yang sekarang sudah masuk Rp. 8 Triliun lebih, nah ini investasi yang cukup besar,  terangnya.

Kepala BLH Kabupaten Serang Irawan Noor mengakui, beberapa perusahaan jasa industri di Kabupaten Serang terutama Serang Timur masih menghadapi persoalan dalam pengelolaan limbah cair, bukan mereka tidak mengolah, tapi teknologi IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah), kadang-kadang sering gangguan, tidak stabil. Ini yang sering kita temukan,  ungkapnya. Lantaran hal tersebut, sebanyak 15 perusahaan sudah diberikan sanksi administrasi. Namun dengan munculnya PT. FCM yang mempunyai kapasitas profesional yang bergerak dibidang pengelolaan limbah, baik limbah cair maupun limbah padat. Maka diharapkan perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah dalam pengelolaan limbah dapat bekerjasama dengan perusahaan tersebut.  Kita tidak bisa memaksa tapi PT. FCM mempunyai teknologi pengolahan limbah yang handal. Tidak mudah mencari konsultan atau jasa usaha yang profesional mengelola limbah,  tegasnya.

Adapun beberapa perusahaan yang mempunya limbah cair dengan kapasitas besar adalah PT. Sarunpokan, PT. Bahari, PT. Cipta Paperia dan Indah Kiat Pulp and Paper. Mereka mempunyai kapasitas limbah diatas 1.000 liter per hari, tambah Irawan Noor. ***

 

 

 

Tags:  Berita |289|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar