Image
By Administrator

PEMASANGAN PENANGKAP SINYAL INTERNET UNTUK KOMPUTER (USB WIFI) DI SEKSI LALIN

Selasa, 13 Desember 2016; |  Jam 10:07:47 WIB  |  0 comments

Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju. Internet merupakan teknologi yang perkembangannya paling pesat saat ini. Orang dari berbagai kota besar dan kota kecil mudah sekali mengakses internet. Bahkan dengan akses internet yang disediakan oleh penyedia jasa telepon/telekomunikasi, orang-orang di pelosok telah bisa mengakses baik lewat komputer maupun lewat handphone maupun komputer tablet yang sekarang berkembang pesat. Bisa dipastikan hampir semua orang yang menggunakan smartphone telah menggunakan internet. Dengan demikian internet merupakan media yang bisa diakses semua orang.

Internet sudah mendarah daging dari kehidupan kita. Internet telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi perorangan, organisasi, perusahaan, dan instansi pemerintah. Di dalam bidang pemerintahan, internet digunakan pemerintah untuk membuat sistem informasi yang bermanfaat mempermudah tugas-tugas pemerintah.

Dalam lingkungan kerja internet memiliki banyak manfaat bagi setiap penggunanya, terutama untuk urusan pekerjaan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan membantu tugas-tugas perkantoran. Peran internet sangat membantu bagi setiap kegiatan di kantor. Ketersediaan jaringan internet di kantor pun menjadi kebutuhan utama agar efektivitas dan efisiensi kerja meningkat. Misalnya pada dinas perhubungan komunikasi dan informatika (DishubKominfo) Kabupaten Serang juga sering memanfaatkan jaringan internet dalam melakukan pekerjaan perkantoran sehari-hari.

Untuk mempermudah mendapatkan jaringan internet yang baik salah satunya adalah menggunakan modem. Ini adalah sebuah alat komunikasi dua arah (modulator-demodulator) yang berfungsi untuk memproses kode informasi digital, dan mentransmisikan kembali kode informasi digital tersebut. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sinyal yang dapat ditransmisikan dengan mudah. Dalam hal ini sinyal yang ditransmisikan adalah jaringan internet.

Kemudian untuk mendapatkan jaringan internet kita membutuhkan komputer. Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet. Spesifikasi komputer (personal komputer (PC), laptop, notebook, atau netbook) yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.

Di area perkantoran Dishubkominfo masih banyak komputer dalam bentuk personal komputer (PC) dimana tidak ada sinyal penangkap wifi. Sehingga PC tidak dapat terhubung koneksi internetnya dengan modem. oleh karena itu dibutuhkan perangkat WiFi eksternal berupa WiFi router (USB wifi). Tentunya untuk dapat terhubung ke internet, kita harus berada pada wilayah jangkauan sinyal WiFi yang disebut dengan hotspot.

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serang pada bagian Seksi Aplikasi dan Telematika (Aptel) melakuka kegiatan yaitu pemasangan  WiFi eksternal berupa WiFi router (USB wifi) untuk seluruh seksi yang beada di dalam area perkantoran Dishubkominfo Kabupaten Serang.

Salah satu seksi yang mengajukan pemasangan USB wifi adalah Seksi Lalin. Pertama-tama seksi Lalin melaporkan kepada seksi Aptel bahwasanya seksi Lalin membutuhkan pemasangan USB wifi agar mempermudah koneksi internet dikarenakan komputer yang berada pada seksi Lalin masih berupa PC. Kemudian seksi Aptel merespon dan melakukan pemasangan USB wifi pada seksi Lalin. Sehingga seksi Lalin dapat melaksanakan tugas perkantorannya dengan baik karena sudah terkoneksi dengan internet.

Dengan adanya pemasangan USBwifi ini diharapkan dapat membantu Seksi-seksi yang berada di kawasan Dishubkominfo Kabupaten Serang lebih mudah mengakses internet sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas perkantoran dengan maksimal.

Tags:  Berita |209|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar