Image
By Administrator

PENGECEKAN JARINGAN INTERNET DI SEKSI LALIN

Selasa, 13 Desember 2016; |  Jam 10:15:15 WIB  |  0 comments

Kantor pemerintah di Indonesia saat ini telah banyak yang memanfaatkan komputer untuk urusan kerja. Biasanya komputer juga terhubung dengan koneksi internet. Ketersediaan jaringan internet di kantor pun menjadi kebutuhan utama agar efektivitas dan efisiensi kerja meningkat.      

Dalam lingkungan kerja internet memiliki banyak manfaat bagi setiap penggunanya, terutama untuk urusan pekerjaan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan membantu tugas-tugas perkantoran. Peran internet sangat membantu bagi setiap kegiatan di kantor, seperti mengirim email, mengunduh dan mengunggah file, melakukan video conferencing, akses cctv, voip dan masih banyak kegunaan lainya. Tak jarang saat ini sudah banyak perkantoran yang memasang akses internet sebagai fasilitas yang wajib disediakan. Pekerjaan kantor pastinya membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat, oleh karena itu sangat penting untuk memilih ISP (Internet Service Provider) yang tepat, agar nantinya Anda tidak kecewa dengan layanan internet yang disediakan. Jika internet yang ada tidak mumpuni dan memiliki kualitas yang jelek pastinya akan mempengaruhi keberhasilan pekerjaan. 

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serang pada bagian Seksi Aplikasi dan Telematika senantiasa selalu terdepan dalam memfasilitasi bagian-bagian yang lain dalam hal optimalisasi jaringan internet. Salah satunya bagian yang di optimalkan fungsi internetnya adalah Seksi Lalu Lintas (LALIN).

Seksi Lalu Lintas mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan dalam bidang tugasnya, menyiapkan petunjuk teknis/kebijakan di bidang lalu lintas, memberikan laporan, saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan tentang langkah-langkah dan tindakan yang perlu diambill dalam bidang tugasnya. Dalam menjalankan tugasnya tersebut, Seksi LALIN membutuhkan koneksi internet yang baik agar dapat menjalankan tugasnya dengan optimal dalam hal pengiriman laporan dan data-data yang dibutuhkan oleh atasannya , bidang-bidang lainnya dan Dinas lainnya.

Pada saat ini Seksi LALIN melaporkan kepada Seksi Aplikasi dan Telematika (APTEL) bahwa jaringan internet yang ada mengalami gannguan. Seksi Aptel merespon dengan cara melakukan pengecekan jaringan internet. Pengecekan yang dilakukan meliputi pengecekan perangkat dan pengecekan jaringan operator. Langkah pertama dari pengecekan perangkat yaitu pengecekan pada modem. Alat modem di restart, apabila tidak ada gangguan pada alat modem, selanjutnya dilakukan pengecekan pada kabel yang terhubungpada komputer. Setelah itu dilakukan pengecekan pada komputer yang mengkoneksi kepada modem. Pengecekan selanjutnya adalah pengecekan pada jaringan operator. Apabila seluruh langkah dalam pengecekan perangkat sudah dilakukan dan ternyata koneksi internet belum juga terhubung maka langkah selanjutnya adalah pengecekan jaringan operator yaitu dengan cara menghubungi pihak operator jaringan apakah terdapat gangguan pada jaringan atau tidak. Kemudian jika memang terjadi gangguan pada jaringan maka petugas dari pihak operator jaringan akan mendatangi seksi Aptel dan diantar ke seksi LALIN untuk memperbaiki jaringan yang mengalami gangguan tersebut.

Upaya pengecekan yang dilakukan oleh seksi APTEL ini selayaknya bisa diapresiasi karena tentu saja dengan internet yang lebih cepat maka pekerjaan dan aktivitas kita di dunia maya bisa cepat terselesaikan, khususnya untuk tugas-tugas perkantoran seksi LALIN. Dengan pengecekan jaringan internet ini diharapkan dapat membuat kantor-kantot pemerintahan bangkit dari keterbelakangan teknologi informatika dan dapat melaksanakan tugas-tugas perkantoran dengan lebih baik lagi.

           

 

Tags:  Berita |154|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar