Image
By Administrator

SURVEI JARINGAN OPERATOR SELULER DI KECAMATAN KIBIN

Selasa, 13 Desember 2016; |  Jam 13:43:26 WIB  |  0 comments

Saat ini teknologi informatika telah berkembang sangat pesat. Manusia dapat melakukan komunikasi dengan cepat tanpa harus bertatap muka, demikian juga pada saat ingin mengirim atau menerima data dapat dilakukan dalam hitungan detik melalui koneksi internet. Zaman sekarang informasi beredar sangat cepat melalui internet seperti media sosial, situs berita dan juga blog, untuk itu masyarakat akan merasa harus selalu mengetahui informasi dan berita terbaru melalui facebook, twitter, dan lain-lain agar bisa selalu mengikuti zaman.

            Internet bukan hanya kebutuhan masyarakat kota tetapi masyarakat desa pun membutuhkan koneksi internet. Kegiatan administrasi perkantoran saat ini sudah menggunakan akses internet. Oleh karena itu Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serang pada bagian Seksi Aplikasi dan Telematika pada tahun 2016 ini melakukan sebuah program di bidang informatika yaitu pengadaan modem untuk kantor Kecamatan. Sebelumnya kantor Kecamatan tersebut melakukan pengajuan kepada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serang.Tujuan pemberian modem ini adalah untuk memperlancar kegiatan pengelolaan administrasi melalui aplikasi SimCloud di kecamatan meliputi bagian keuangan, kepegawaian, inventaris dan lain sebagainya. Modem ini dipakai sebagai backup/ cadangan apabila sinyal hotspot di Kecamatan mengalami gangguan. Selain itu, tujuan pemberian modem ini adalah mempermudah akses internet pada saat pegawai kecamatan menghadiri sebuah pelatihan dikarenakan keterbatasan Bandwith karena banyak yang menggunakan.

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagaiPerangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

             Program ini bekerja sama dengan smartfren. Smartfren merupakan satu-satunya operator seluler yang sudah memiliki jaringan 4G di Kabupaten Serang saat ini, dimana jaringan 4G lebih cepat dari pada 3G. Salah satu kecamatan di Kabupaten Serang yang diberikan modem adalah Kecamatan Kibin. Kecamatan Kibin adalah Kecamatan yang berada di Kabupaten Serang yang berbatasan dengan Kecamatan Kragilan, Carenang dan Cikande.

            Sebelum diberikan modem, terlebih dahulu dilakukan survei pada lokasi terkait sehubungan dengan ada atau tidaknya jaringan 4G smartfren. Hasilnya adalah sudah terdapat sinyal 4G Smartfren disana. Sehingga Kecamatan Kibin sudah diberikan modem. Biaya bulanan modem tersebut ditanggung oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serang

            Dengan demikian, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serang akan selalu memfasilitasi masyarakat dan instansi pemerintah terutama dalam bidang informatika.      

Tags:  Berita |196|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar