Image
By Administrator

Bupati Serang Pimpin Rapat Dinas Evaluasi Penyerapan Anggaran

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 10:35:56 WIB  |  1 comments

Pemkab Serang mengadakan rapat dinas yang mengikutsertakan seluruh pejabat eselon II dan III. Dalam acara tersebut, Bupati menyoroti serapan atau realisasi anggaran belanja Pemkab Serang yang sampai pertengahan 2016 ini masih rendah. Seharusnya serapan anggaran hingga pertengahan tahun ini mencapai 50 persen. Namun baru 35,66 persen yakni dari anggaran belanja Rp.2,89 triliun, baru terealisasi Rp. 1,03 triliun.

Berdasarkan laporan realisasi Anggaran Pemkab Serang sampai 30 Juni 2016, dari 32 SKPD di Pemkab Serang, SKPD yang masih rendah serapannya antara lain Dinas Pertanian, Kehutanan Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Serang 17,69 persen. Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Serang 22,28 persen Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang 24,35 persen, Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Serang 28,10 persen dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Serang 28,36 persen.

Adapun SKPD yang anggarannya sudah mencapai/mendekati target meliputi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Serang 50,99 persen, Dinas Sosial Kabupaten Serang 50,85 persen, Sekretariat Dewan Korpri Kab. Serang 49,65 persen, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Serang 48,64 persen dan Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kab. Serang 47,86 persen.

Kondisi ini menjadi bahasan evaluasi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dengan para pejabat eselon II dan III Pemkab Serang dalam rapat di Aula Tb. Suwandi tersebut. Hadir juga dalam rapat tersebut Wakil Bupati Serang H. Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Lalu Atharussalam R dan Inspektur Kabupaten Serang Rachmat Jaya.

Tatu mewanti-wanti kepada SKPD agar tak ada sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) yang besar di akhir tahun. Silpa yang dimaksud adalah silpa yang disebabkan oleh kesalahan program SKPD. “ Kalau disebabkan karena efisiensi itu bagus, “ ujarnya seraya mengatakan bahwa evaluasi ini merupakan salah satu upaya meningkatkan serapan anggaran itu akan dilakukan 2 bulan mendatang lagi. 

Tags:  Berita |280|

1 komentar pada artikel ini