Image
By Administrator

Pemkab dan Kemenag Gelar Manasik Haji Kabupaten Serang

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:06:04 WIB  |  0 comments

Pemkab Serang dan Kementrian Agama menggelar Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Serang 1437 H / 2016 M  di Lapangan Tenis Indoor hari Selasa 2 Agustus 2016 kemarin.

Manasik diikuti oleh 721 Calon Haji asal Kabupaten Serang. Dalam acara tersebut hadir Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang H. Pandji Tirtayasa dan Ketua DPRD Muhsinin. Manasik itu sudah dilakukan 10 kali, terdiri atas 8 kali tingkat kecamatan dan 2 kali tingkat kabupaten. Para calon haji tersebut diberangkatkan dalam tiga kelompok terbang (kloter) sejak 20 Agustus 2016.

Dengan adanya aturan dana hibah dimana penerima dana hibah wajib berbadan hokum, maka dana hibah untuk para calon jamaah haji di Pemkab Serang khususnya, tidak bisa diberikan sehingga biaya pemberangkatan dan pemulangan jamaah calon haji asal Kabupaten Serang ke/dari embarkasi tahun ini dibebankan ke masing-masing Calon Jamaah Haji. Untuk besarnnya sekitar Rp.320.000 / orang. Dana itu digunakan untuk menyewa bis pulang pergi embarkasi.

Bupati Serang dalam sambutanya mengaku sangat menyesal tidak bisa membantu calon haji dalam pemberangkatan dari pendopo ke embarkasi dan pemulangan dari embarkasi ke pendopo karena dana hibah yang sudah dianggarkan sekitar Rp.800 juta tak bisa digunakan akibat ada aturan dari pusat.

“ Di Perda disebutkan kalau hibah tersebut harus diberikan ke Kemenag, Sementara peraturan Kemendagri menyebutkan hibah tak bisa diberikan secara terus menerus, lalu hibah diberikan kepada lembaga berbadan hukum. Ketika diperiksa BPK ini langsung dilarang, “ ujarnya.

Menurut Tatu, perda yang mengatur biaya pemberangkatan dan pemulangan Calon Haji di Kabupaten Serang harus ditinjau ulang. Tapi tak bisa dilakukan segera karena harus dilakukan oleh panitia khusus DPRD. Ini dilakukan supaya dana hibah bisa dikelola oleh Pemkab Serang. “ Entah bagian umum atau kesra namun tidak dititipkan diluar, ‘ ujarnya.

Tags:  Berita |612|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar