Image
By Administrator

Tingkatkan Budaya Baca Pemkab Adakan Gebyar Baca

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:12:31 WIB  |  0 comments

Minat membaca buku warga Kabupaten Serang masih terbilang rendah. Dari jumlah penduduk Kabupaten Serang sekitar 1,5 juta jiwa, hanya 1 persennya saja yang menggemari baca.

Demikian yang dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Ahmad Saefudin saat diwawancarai disela-sela acara Gebyar Budaya Baca Kabupaten Serang Berliterasi di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Serang Kamis, 10 November 2016.

“ Karena itu diadakan (kegiatan) seperti ini supaya termotivasi masyarakat untuk membaca. Apabila tenaga pendidik dan yang dididik dan semua di Kabupaten Serang ingin berubah maka diawali dengan membaca. Maka dengan banyak pengetahuan yang masuk, diharapkan dapat mendongkrak taraf pendidikan masyarakat Kabupaten Serang.

Menurut Saefuidin, penyebab masih rendahnya minat baca warga Kabupaten Serang adalah membaca belum menjadi menjadi sebuah kebutuhan. Karenanya pihaknya akan terus mendorong agar membaca menjadi salah satu kebutuhan warga Kabupaten Serang. “ Sehingga kalau sehari tidak membaca, perasaannya seperti kita ada hutang, “ ungkapnya.

Ia mengatakan, untuk memotivasi agar warga Kabupaten Serang menggemari membaca, pihaknya disamping mewajibkan gerakan membaca, juga akan menyediakan sarana dan prasarana membaca seperti buku-bukunya. “Yang dibaca juga tidak yang hanya itu-itu saja, tapi setiap hari itu harus dibaca dan harus banyak bacaannya, “ katanya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan menjadi tugas pemerintah daerah untuk mendorong anak-anak di Kabupaten Serang menggemari membaca. “ Mungkin kita pancing dengan pancing dengan buku-buku bacaan yang menarik buat mereka, tidak hanya sekedar membaca buku pelajaran, berat itu, nanti kedepan akan ada buku-buku bacaan yang menarik seperti komik, “ ujarnya.

Menurut Tatu, buku-buku itu nanti akan disimpan di perpustakaan sekolah atau di sudut baca sekolah, supaya mereka ada keinginan untuk membaca dengan melihat buku itu menarik. “ Buku yang ada gambar, ada cerita ringan dulu, yang penting mereka mau pegang buku dulu, nanti kalau suka buku akan ketagihan sendiri, jadi akan terbiasa, “ ujarnya.

Tatu mengatakan, saat ini pengadaan buku porsinya masih besar untuk buku-buku pelajaran. Kedepan pengadaan buku-buku cerita akan lebih ditingkatkan untuk menarik minat baca siswa. “ Kalau terbiasa baca, buku pelajaran yang beratpun sudah terbiasa, “ ujarnya.

Sekedar untuk diketahui, gebyar buku itu dihadiri oleh siswa-siswa dan guru-guru dari sejumlah SMP di Kabupaten Serang. Hadir juga pada acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Serang dan sejumlah Kepala SKPD Kabupaten Serang. Dalam kegiatan tersebut dilakukan kegiatan membaca senyap dan penggalangan buku untuk disumbangkan ke perpustakaan di Kabupaten Serang.  ***

Tags:  Berita |272|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar