Image
By Administrator

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS - PERLUASAN TANAM PENGAMANAN HASIL PRODUKSI

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:27:20 WIB  |  0 comments

Program peningkatan produksi pada dasarnya dapat dicapai dengan tiga strategi utama, peningkatan produktivitas, perluasan areal tanam dan pengamanan hasil produksi. Tiga strategi ini tidak dapat dipisahkan karena ketiganya secara simultan akan meningkatkan produksi

Namun demikian perlu dilakukan pertimbangan efektivitas tiga strategi ini sehingga pada setiap wilayah akan memiliki prioritas yang berbeda terhadap tiga strategi ini.

Kabupaten Serang dengan wilayah Sawah yang menghadapi ancaman alih fungsi untuk industri dan perumahan dan pengurangan tenaga kerja untuk tanam dan panen, bantuan transplanter dan harvester merupakan hal yang tepat khususnya untuk daerah pantai utara. Hal ini tidak berlaku di Serang Selatan dengan kontur lahan sawah yang berbukit.

Tapi tidak berarti bahwa dengan dilengkapi alsintan yang memadai kemudian bisa dipastikan bahwa petani akan langsung memutuskan untuk menanam. Kendala ekonomi, sosial dan teknis pengairan merupakan determinan utama dalam memutuskan untuk menanam.

Pada kondisi ini, peningkatan produktivitas untuk mengejar target produksi menjadi sangat penting. Cara berpikirnya adalah bagaimana petani dapat meningkatkan produktivitasnya secara signifkan. Karena Pemerintah Daerah harus secara serius mendorong penggunaan teknologi yang terbukti bisa meningkatkan produktivitas hingga diatas 9 ton/ha baru dapat dikatakan bahwa peningkatan produktivitas dapat meng-offset peningkatan luas tanam yang tidak tinggi akibat faktor sosial, ekonomi dan pengairan.

Pada saat yang bersamaan, produktivitas 9 ton/ha ini juga akan mampu melepaskan petani dari jeratan hutang rentenir dengan catatan prioritas belanja setelah menerima uang hasil panen adalah untuk pembelian saprodi musim tanam berikutnya baru digunakan untuk keperluan lain.

Dari hasil pengamatan di lapangan, untuk mendorong petani terus mengejar angka luas tanam dan produktivitas tinggi, kuncinya adalah di harga gabah yang tinggi. Perlu dirumuskan trans-subsidi dari pupuk ke gabah. ZD

Tags:  Berita |352|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar