Image
By Administrator

PEMKAB TERIMA BANTUAN SARANA AIR BERSIH DARI PT. DCI

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:32:35 WIB  |  0 comments

Pengadaan sanitasi air bersih di Desa Batukuwung dan Kadukempong, Kecamatan Padarincang mendapatkan bantuan dari perusahaan asal Cilegon yakni PT. Daw Chemical Indonesia selama tiga tahun. Per tahun proyek tersebut disumbang 50 ribu Dollar Amerika Serikat (USD) per tahun atau menghabiskan biaya hingga Rp.1,56 Miliar sampai proyek selesai.

Hal tersebut terungkap pada peresmian Indonesia Water Signature Project di Kampung Kerenceng, Desa Kadukempong, Kecamatan Padarincang tanggal 3 Agustus 2016 yang lalu. Proyek secara simbolis diresmikan oleh Bupati Ratu Tatu Chasanah. Turut hadir Presiden Direktur PT. Dow Chemical Indonesia berkewarganegaraan Jepang, Kenny Ogawa yang memberanikan diri menyampaikan sambutannya berbahasa Indonesia walaupun terbata-bata sehingga mengundang tawa para pejabat dan warga.

Kemudian, Direktur Eksekuitf Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rekonvasi Bhumi NP Rahardian mengatakan bahwa proses proyek sanitasi air bersih berjalan sampai empat tahun dan per tahun mendapatkan sumbangan dari PT. Dow Chemical Indonesia Cilegon. “ Diawali dengan survey segala macam sampai meeting (rapat) di Singapore, prosesnya panjang, “ katanya.

Bahkan, perusahaan juga ikut survei menentukan mata air dan prosesnya diminta berbasis masyarakat. Artinya, pembangunan dibantu masyarakat termasuk penyediaan material seperti batu, kerikil dam pasir. Sementara PT. DOW menyediakan material diluar ketersediaan dari masyarakat, seperti pipa, seng dan sebagainya untuk membangun sanitasi air bersih di dua desa. Panjang pipa proyek yang dipasang sekitar 12 ribu meter, berikut pembangunan MCK dan 27 KUS dengan menghabiskan anggaran Rp. 1,5 Miliar.

Bupati Serang menyambut baik program tersebut. Menurutnya program tersebut bermanfaat untuk masyarakat Desa Kadugempong. “ Program ini termasuk skala prioritas dalam pencapaian 5 tahun kedepan, “ terangnya.

Tatu pun meminta masyarakat merawat sarana yang sudah disediakan untuk dirawat sebaik mungkin karena sarana yang sudah disediakan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, ujarnya.

Tags:  Berita |438|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar