Image
By Administrator

RPJMD Kabupaten Serang 2016-2021 Resmi Ditetapkan

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:51:27 WIB  |  0 comments

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Serang Tahun 2016-2021 ditetapkan DPRD Kabupaten Serang tanggal 15 Agustus 2016. Untuk merealisasikan RPJMD  tersebut diperlukan anggaran kurang lebih Rp. 5,39 Triliun.

RPJMD ini ditetapkan setelah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang RPJMD itu ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam Rapat Paripurna DPRD di Gedung DPRD Kabupaten Serang.

Dalam RPJMD itu, visi pembangunan Kabupaten Serang adalah “ Terwujudnya Kabupaten Serang Yang Maju, Sejahtera dan Agamis. Adapun misinya terdiri atas lima poin antara lain : Meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial demi terwujudnya masyarakat yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia dan berbudaya. Meningkatkan sarana dan prasarana wilayah, penataan ruang dan permukiman yang memadai, berkualitas dan berwawasan lingkungan.

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, ada enam prioritas pembangunan Kabupaten Serang 2016-2021. Pertama peningkatan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, berakhlak mulia dan berbudaya serta kesejahteraan sosial masyarakat. Kedua peningkatan kualitas dan kuantitas sarana, prasaranan dan fasilitas dasar. Ketiga, peningkatan kualitas penataan ruang, permukiman, pengelolaan lingkungan hidup dan penanggulangan bencana. Keempat, peningkatan kualitas, pemerataan dan daya saing perekonomian. Kelima, peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik serta pelayanan publik yang prima. Keenam, peningkatan fungsi dan peran agama sebagai landasan moral dan spiritual dalam kehidupan bermasyarakat.

“ Untuk merealisasikan enam prioritas pembanguan selama lima tahun tersebut, diperlukan anggaran sebesar Rp. 5,39 Triliun, “ ujar Wakil Ketua Pansus Raperda tentang RPJMD Kabupaten Serang Ahmad Colis Rawiyan saat memberikan laporan pansus.

Pansus memberikan tiga catatan terhadap RPJMD tersebut. Pertama, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selama 5 tahun sebesar 3,19 poin dari 64,49 poin pada 2015 menjadi 67,68 point pada tahun 2021, agar ditingkatkan lagi karena sudah jauh tertinggal. Kedua, untuk pengembangan TPST Bojongmenteng kedepan perlu dibangun satu Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) per zona di Kabupaten Serang. Ketiga, Pemkab diminta untuk bekerja keras agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah untuk membiayai program RPJMD lima tahun ke depan.

Bupati Serang dalam sambutannya mengatakan bahwa catatn pansusu tersebut akan dimasukkan ke dalam RPJMD. RPJMD ini selanjutnya akan disampaikan ke Gubernur Banten untuk dievaluasi.   

Tags:  Berita |1064|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar