Image
By Administrator

LAPORAN PENANGANAN PENYAKIT OTHER LOW BIRTH WEIGHT PADA RUANG RAWAT INAP DR DRAJAT PRAWIRANEGARA KAB

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:56:47 WIB  |  0 comments

Bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah bayi dengan berat lahir kurang dari 2.500 gram tanpa memandang masa gestasi. Berat lahir adalah berat bayi yang ditimbang dalam 1 (satu) jam setelah lahir.

Penyebab terbanyak terjadinya BBLR adalah kelahiran prematur. Faktor ibu yang lain adalah umur, paritas, dan lain-lain. Faktor plasenta seperti penyakit vaskuler, kehamilan kembar/ganda, serta faktor janin juga merupakan penyebab terjadinya BBLR.

Secara wajar bayi terlahir sehat (tiada cacat) itu yang saya maksud dengan sempurna. Akan tetapi bila bayi terlahir dengan berat badan di bawah normal atau bahasa medisnya disebut dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), itulah yang saya maksudkan dengan kebahagiaan yang tidak sempurna.

Dikarenakan dengan kondisi bayi BBLR tersebut maka akan perlu perawatan yang khusus atau perawatan yang intensif. Hal ini maka perawatan dibutuhkan praktisi yang ahli dan didukung peralatan medis yang handal. Hal ini hanya bisa dilakukan pada Rumah Sakit tentunya.

Merawat bayi berat lahir rendah di rumah dengan baik jika sudah di perbolehkan pulang oleh dokter ;

v  Pencegahan ini bisa dilakukan dengan cara mencuci tangan sebelum memegang bayi dan menghindarkan kontak dengan orang atau lingkungan yang beresiko tinggi terhadap penularan infeksi

v  ASI tetap harus menjadi pilihan utama sebagai salah satu cara pemberian nutrisi karena ASI berfungsi untuk kekebalan tubuh serta manfaat psikologis lainnya. Seorang ibu hamil akan mengeluarkan susu mengikuti usia gestasi (kehamilan) bayinya. Ibu yang melahirkan bayi prematur akan mempunyai ASI dengan komposisi sesuai kebutuhan bayinya. Berilah ASI sedikit demi sedikit tapi usahakan sesering mungkin untuk mencukupi kebutuhan kalori, protein dan lainnya.

v  BBLR memang punya masalah tentang mempertahankan suhu tubuh, hal ini dikarenakan beberapa organ tubuhnya belum siap secara sempurna. Untuk itu diperlukan kondisi lingkungan sekitar untuk menunjangnya dalam mempertahankan suhu tubuhnya

Tags:  Berita |349|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar