Image
By Administrator

BNPB Pusat Apresiasi Kinerja Pemkab Tangani Bencana Anyer

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:59:01 WIB  |  0 comments

Kinerja Pemkab Serang dalam melakukan tanggap darurat terhadap bencana mendapat apresiasi dari Badan Nasional  Penanggulangan Bencana (BNBP). Mulai dari penempatan pengungsi korban banjir yang sudah ditempatkan ditempat layak sampai dukungan permakanan dan obat2an yang dinilai baik. Hal tersebut diungkapkan Kepala BNPB Willem Rampangilei seusai menemui Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa di Pendopo Bupati Rabu 27 Juli 2016 lalu.

 Willem sendiri sengaja hadir ke Kabupaten Serang atas instruksi Presiden Joko Widodo bermaksud meninjau langsung untuk memastikan bahwa korban banjir mendapatkan penanganan yang baik dan benar.

Selain Pandji yang menyambut kedatangan Willem, para kepala BPBD mulai dari Provinsi sampai Kabupaten khususnya Kabupaten Pandeglang dan Serang juga hadir di Pendopo untuk memberikan situasi terkini dilokasi bencana. Menurut Pandji, yang perlu menjadi perhatian adalah pemerintah bukan hanya ketika terjadi bencana, melainkan pasca bencana yang memerlukan perhatian serius. Berkaitan dengan merekonstruksi ulang, Pandji memprediksi biasanya memerlukan penanganan dengan dana yang tidak sedikit. Terutama perbaikan fasos fasumdan infrasruktur serta sosial ekonomi agar kembali pada kondisi siap pakai.

Belum lagi, kata Pandji berkaitan dengan kondisi psikologis dan kesehatan masyarakat. Selain korban masih mengalami trauma, pasca banjir biasanya mengundang permasalahan penyalit seperti diare, gatal2, kudis yang harus segera diantisipasi.

Pandji pun sudah menginstruksikan dinas terkait agar segera mengidentifikasi kerusakan-kerusakan akibat banjir dan longsor. Seperti kerusakan pada persawahan, sarana peribadatan, sarana pendidikan, infrastruktur disamping rumah warga yang rusak berat termasuk rumah yang rata dengan tanah.” Kita akan invetarisasi. Saya wajibkan semua SKPD terkait untuk konsentrasi kesana dalam melaksanakan program-program SKPD kedepan untuk mengembalikan situasi dan kondisi kembali normal, “ tegasnya.

Dengan pernyataan Bupati Serang dalam kondisi darurat bencana, akan memudahkan lagi untuk pengalokasian pembiayaan untuk rekonstruksi ulang untuk memulihkan kondisi seperti semula.

Kepala BNPB Willem Rampangilei mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Serang yang sudah melakukan tanggap darurat berupa penanggulangan bencanadan penyelamatan korban dengan baik. Sebagai bantuan awal, Willem memberikan bantuan sebesar Rp. 250 Juta untuk mendukung operasional posko bencana. Ia memastikan bahwa pekerja memerlukan dukungan biaya, seperti pembelian bahan bakar, sewa peralatan dan sebagainya. “ Rp.250 Juta ini sifatnya mendukung kegiatan posko sambil pemda melakukan perhitungan berapa biaya yang dibutuhkan untuk pemulihan seperti rekonstruksi, pemulihan kembali rumah-rumah yang rusak dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Tags:  Berita |252|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar