Image
By Administrator

KALAK BPBD KABUPATEN SERANG MENGIKUTI SENIOR DISASTER MANAGEMENT DI MANADO

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 13:07:07 WIB  |  0 comments

Pelatihan Pengambil Keputusan atau yang lebih popular dengan sebutan Senior Management Training (SMT) tahun 2016 dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara. Pelatihan dengan durasi 3 hari ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pengambil keputusan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Indonesia. Pelatihan dari Pusdiklat BNPB ini dirancang berdurasi 3 hari dimulai tanggal 10 Oktober s.d. 12 Oktober 2016 yang juga merupakaan salah satu bagian dalam rangkaian acara kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Indonesia tahun 2016.

Pelatihan Pengambil Keputusan Tahun 2016 memperhatikan komunitas difable, dimana salah satu peserta dalam pelatihan ini berasal dari kelompok kerja inklusif. Hal ini merupakan wujud nyata dari upaya melibatkan semua komunitas yang ada di masyarakat , karena penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama.

 

Materi dalam pelatihan ini meliputi konsep penanggulangan bencana, sistem komando penanganan darurat bencana di Indonesia, dan simulasi pengambilan keputusan. Narasumber yang berkompeten dan berpengalaman dalam penanggulangan bencana menjadi pemateri dalam pelatihan ini yait Ir. B Wisnu Widjaja, M.Sc (Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB), Ir. Tri Budiarto, M.Si. (Deputi Penanganan Darurat BNPB), Ir. Sugeng Triutomo (Pakar Kebencanaan Indonesia), dan Mr. Avelino F Filio (Asian Disaster Preparedness Center).

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) BNPB, Bagus Tjahjono menjelaskan bahwa pelatihan ini juga menjadi wadah dalam berbagi pengetahuan (Knowledge Sharing) tentang penanganan penanggulangan bencana yang beragam di daerah masing-masing peserta pelatihan. Pusdiklat BNPB juga memiliki program manajemen pengetahuan (Knowledge Management) mengenai penanggulangan bencana di Indonesia. Pelatihan ini merupakan salah satu moment implementasi program ini. Diharapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) yang menjadi peserta dalam pelatihan ini mendapat pengetahuan baru dari berbagai materi yang disampaikan juga dapat saling berbagi mengenai pengalaman dalam penanggulangan bencana di wilayahnya masing-masing.

Tags:  Berita |532|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar