Image
By Administrator

PELATIHAN RENCANA ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM IUWASH-USAID

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 13:37:13 WIB  |  0 comments

Bertempat di Hotel Royal Krakatau, Kota Cilegon, sejak tanggal 13 sampai dengan 17 Maret 2016, telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Rencana Adaptasi Perubahan Iklim untuk Sistem Penyediaan Air Minum yang diadakan oleh Indonesian Urban Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH). IUWASH adalah kegiatan yang didanai oleh USAID, lembaga Pemerintah Amerika Serikat untuk Pembangunan Internasional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas institusi terkait, baik pemerintah maupun non pemerintah di wilayah Kabupaten Serang dan Lebak, dalam menghadapi perubahan iklim yang berdampak pada penyelenggaraan pelayanan air minum untuk masyarakat khususnya yang dilakukan oleh perusahaan daerah air minum.

BPBD Kabupaten Serang sebagai Leading Sector bidang penanggulangan bencana mengirimkan 1 orang peserta, dalam rangka ikut meningkatkan kapasitasnya sehingga mampu memberikan bantuan pelayanan kepada masyarakat apabila terjadi kesulitan dalam penyedian air bersih khususnya pada saat terjadinya musim kemarau yang panjang seperti yang terjadi sepanjang bulan Mei sampai dengan November 2015.

“Perubahan Iklim saat ini menyebabkan perlunya perubahan strategi dan perencanaan, karena iklim saat ini yang tidak diduga mempengaruhi kemampuan PDAM (instansi terkait) dalam melayani kebutuhan masyarakat akan air bersih”, demikian disampaikan oleh Sabdo Sumartono, salah satu Fasilitator IUWASH.

Pelatihan berakhir pada hari Kamis tanggal 17 Maret 2016, diakhiri dengan kunjungan ke Desa Sukacai Kecamatan Baros yang selama ini telah melaksanakan program pembuatan Sumur Penampung yang dipandu oleh IUWASH dan PDAM Tirta Albantani dalam rangka meningkatkan cadangan Air Bersih bagi masyarakat.

Tags:  Berita |112|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar