Image
By Administrator

LAPORAN PENANGANAN PENYAKIT CONGESTIVE HEART FAILURE PADA RAWAT JALAN DR DRAJAT PRAWIRANEGARA KABUPA

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 14:25:06 WIB  |  0 comments

Gagal jantung digambarkan sebagai kondisi jantung seseorang yang berhenti bekerja, dalam hal ini adalah berhenti berdetak. Padahal, gagal jantung berarti ketidakmampuan jantung dalam memompa darah atau ketidakmampuan jantung memenuhi kuota darah normal yang dibutuhkan tubuh.

Dalam upaya pencegahan dan pengobatan haruslah dilakuakan secara dini dengan menambah wawasan mengenai penyebabnya

Terjadinya gagal jantung biasanya dipicu oleh masalah kesehatan             :

v  kerusakan otot jantung, tapi bukan disebabkan oleh penyumbatan 

v  Tekanan tinggi pada darah menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh dan otomatis otot jantung akan menebal untuk mengimbangi kinerja yang meningkat

v  Denyut jantung, tekanan darah, serta suhu tubuh akan meningkat pula. Jika ini kondisi ini dibiarkan atau tidak ditangani, maka dapat mengarah pada gagal jantung.

v  Terlalu lambat akan mengurangi pasokan darah dari jantung ke tubuh. Sedangkan ritme yang terlalu cepat, dapat membuat jantung bekerja terlalu keras. Kedua kondisi ini lama-kelamaan akan mengarah pada gagal jantung.

v  Katup jantung menyempit, maka aliran darah bisa terganggu dan jumlah darah yang dapat dipompa jantung menjadi berkurang. Hal ini mengakibatkan meningkatnya tekanan pada otot jantung. Sedangkan jika katup bocor, maka volume darah akan bertambah. Hal ini akan memaksa jantung bekerja lebih keras dan melebarkan otot-ototnya agar bisa menyesuaikan diri dengan volume darah

Cara mencegah gagal jantung diantaranya adalah  :

v  Membatasi konsumsi minuman keras.

v  Berolahraga secara teratur.

v  Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah pada batas sehat.

v  Menjaga berat badan.

Berhenti merokok.

Tags:  Berita |200|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar