Image
By Administrator

LAPORAN PENANGANAN PENYAKIT PRESBYOPIA PADA RAWAT JALAN DR DRAJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG TAH

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 14:29:14 WIB  |  0 comments

Mata tua atau presbiopi banyak dialami oleh orang-orang lanjut usia. Cacat mata ini disebabkan oleh berkurangnya daya akomodasi mata (otot mata sudah lemah). Titik dekat mata tua lebih besar dari jarak baca normal (25-30 cm) dan titik jauhnya pada jarak tertentu. Akibatnya, baik titik dekat maupun titik jauh mata letaknya bergeser, yaitu titik dekat bergeser menjauhi mata, sedangkan titik jauh bergeser mendekati mata. Dengan demikian, penderita presbiopi tidak dapat melihat secara jelas, baik objek yang berada pada jarak baca normal maupun yang berada di tempat sangat jauh. Untuk menolong penderita ini, digunakan kacamata berlensa rangkap (bifokal), yaitu lensa untuk melihat jauh dan lensa untuk membaca.

Mata tua disebabkan oleh proses yang berkaitan dengan usia. Ini berbeda dengan mata silindris , rabun jauh dan rabun dekat (hipermetropi), yang terkait dengan bentuk bola mata dan disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Presbiopia umumnya diyakini berasal dari penebalan bertahap dan hilangnya fleksibilitas lensa alami di dalam mata.

Seiring dengan bertambahnya usia perubahan ini terjadi pada protein yang terdapat dalam lensa mata, membuat lensa mata menjadi lebih keras dan kurang elastis dari waktu ke waktu. Seiring dengan bertambahnya usia juga, terjadi perubahan pada serat otot yang mengelilingi lensa sehingga menjadi kurang elastisitas, sebagai akibatnya mata membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa fokus pada objek dekat.

Gejala mata tua adalah     ;

v  Kesulitan membaca tulisan dengan cetakan huruf yang halus / kecil

v  Setelah membaca, mata menjadi merah, berair, dan sering terasa pedih. Bisa juga disertai kelelahan mata dan sakit kepala jika membaca terlalu lama

v  Membaca dengan menjauhkan kertas yang dibaca atau menegakkan punggungnya karena tulisan tampak kabur pada jarak baca yang biasa (titik dekat mata makin menjauh)

v  Sukar mengerjakan pekerjaan dengan melihat dekat, terutama di malam hari

v  Memerlukan sinar yang lebih terang untuk membaca

v  Terganggu secara emosional dan fisik

v  Sulit membedakan warna

Tags:  Berita |263|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar