Image
By Administrator

PEMBEKALAN SEARCH AND RESCUE (SAR) DI WILAYAH PROVINSI BANTEN 2016

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 14:30:27 WIB  |  0 comments

Search and rescue (SAR), adalah kegiatan dan usaha mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam musibah-musibah seperti pelayaranpenerbangan, dan bencana. Operasi SAR dilaksanakan tidak hanya pada daerah dengan medan berat seperti di laut, hutan, gurun pasir, tapi juga dilaksanakan di daerah perkotaan. Operasi SAR seharusnya dilakuan oleh personal yang memiliki ketrampilan dan teknik untuk tidak membahayakan tim penolongnya sendiri maupun korbannya. Operasi SAR dilaksanakan terhadap musibah penerbangan seperti pesawat jatuh, mendarat darurat dan lain-lain, sementara pada musibah pelayaran bila terjadi kapal tenggelam, terbakar, tabrakan, kandas dan lain-lain. Demikian juga terhadap adanya musibah lainnya seperti kebakaran, gedung runtuh, kecelakaan kereta api dan lain-lain.

Salah satu tugas personil Dinas Perhubungan laut meliputi pengorganisasian angkutan laut, pelabuhan serta penunjang keselamatan pelayaran, termasuk melakukan patroli dan bantuan SAR di pelabuhan. Oleh karena itu petugas yang tergabung di dalam Dinas Perhubungan laut juga perlu diberikan pembekalan mengenai SAR.

Pada bulan Mei 2016 bertempat di Hotel Patrajasa Anyer telah berlangsung kegiatan pembekalan Search and rescue (SAR) bagi para petugas di lini terdepan dalam penanggulangan bencana alam, termasuk salah satunya adalah Dinas Perhubungan Laut. Pembekalan SAR ini dianggap sangat penting. Sebab, kesadaran pentingnya keselamatan dan upaya tanggap darurat saat terjadi musibah mutlak dibutuhkan saat melaksanakan tugasnya tersebut. Kesiapsiagaan menghadapi suatu musibah dapat diwujudkan melalui upaya penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bertindak cepat dan tepat dalam memberikan pertolongan. Salah satu upayanya adalah melalui pembekalan SAR.

Tags:  Berita |202|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar