Image
By Administrator

PENGAMANAN LALU LINTAS DALAM RANGKA PENGELOLAAN HUTAN MELALUI PENATAAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI DES

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 14:33:22 WIB  |  0 comments

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika merupakan salah satu unsur pelaksana pemerintah daerah yang mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan daerah dibidang Perhubungan dan Informasi. Salah satu bidang yang terdapat pada Dinas perhubungan komunikasi dan informatika (Dishub Kominfo) adalah bidang Pengendalian dan Operasional (Dalop) dipimpin oleh seorang Kepala Bidang merupakan unsur pelaksana yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas yang mempunyai tugas mengelola urusan pemerintahan daerah di bidang pengendalian dan operasional, termasuk tugas pengaturan dan pengamanan lalu lintas.

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serang terjunkan petugas dalops untuk amankan lalulintas dan parkiran dalam rangka kegiatan program pengelolaan hutan meliputi pencanangan penanaman pohon, pembentukan taman keanekaragaman hayati dan pengembangan kawasan konservasi berjalan dengan cukup lancar tanpa kendala yang berarti. Kegiatan ini berlangsung di Desa Kadubeureum Kecamatan Baros. Demi kelancaran peresmian kegiatan tersebut Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Seksi Dalop melakukan tugas pengamanan dimana salah satu tugas Dalop adalah melakukan pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang ketertiban lalu lintas

Banyak kendaraan yang datang saat kegiatan tersebut, Dalop membantu mengatur parkir dan lalu lintas agar pelaksanaan acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. Lahan parkir yang terbatas membuat Dalop berupaya keras agar kegiatan tersebut tidak mengganggu lalu lintas dan laju kendaraan yang sedang berjalan sehingga meminimalisir kemacetan yang terjadi.

Tidak salah jika hutan disebut sebagai paru-paru dunia karena manfaat dan fungsinya yang begitu penting bagi kehidupan yang semuanya akan berdampak kepada manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Hutan adalah kumpulan pohon-pohon, tanaman, perdu serta semak belukar yang tumbuh disuatu tempat dan memiliki peran serta fungsi yang penting bagi kehidupan. Apabila hutan kita lestari dan tetap terjaga maka bencana alam juga bisa terhindari tetapi apabila hutan kita rusak maka akan terjadi bencana alam.

 

Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keberadaan hutan telah menyebabkan peralihan fungsi hutan secara ekonomi dari sumber penghasil uang dari kayu menjadi usaha pelestarian sumber daya alam, termasuk pelestarian satwa liarhutan primerkeanekaragaman hayati, manajemen kawasan resapan air, juga rekreasi. Keberadaan keanekaragaman hayati seperti burung, mamalia, amfibi, dan satwa liar lainnya terpengaruh oleh rencana dan tipe pengelolaan hutan.

Jadi jagalah hutan kita agar tetap lestari, tetap hijau dan jangan dibiarkan dibuka menjadi lahan pertanian, pemukiman maupun perkebunan.

 

Tags:  Berita |291|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar