Image
By Administrator

LAPORAN PENANGANAN PENYAKIT ANAEMIA, UNSPECIFIED PADA RAWAT JALAN DR DRAJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 14:33:24 WIB  |  0 comments

Penyakit Anemia atau kurang darah adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah (Hemoglobin) dalam sel darah merah berada di bawah normal.Hemoglobin yang terkandung di dalam Sel darah merah berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Sel darah merah yang berfungsi sebagai pembawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh menjadi terganggu karena kurangnya jumlah sel darah merah tersebut.

Perempuan Lebih Rentan Terhadap Anemia

Kerentanan kalangan perempuan terhadap penyakit anemia lebih besar dibandingkan dengan laki-laki. Perempuan membutuhkan zat besi 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan kaum laki-laki.

Hal itu dikarenakan mereka harus mengeluarkan darah kotor setiap bulannya (menstruasi) sehingga membutuhkan kadar zat besi yang lebih banyak. Terlebih ketika perempuan sedang dalam keadaan hamil yang juga membutuhkan zat besi lebih besar dibandingkan ketika mereka dalam kondisi normal. Asupan zat besi tersebut sangat diperlukan dalam proses perkembangan janinnya.

Agar terhindar dari penyakit animea menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung:

v  Vitamin B-12 dapat ditemukan pada susu dan daging.

v  Folat dapat ditemukan pada buah pisang, jeruk, sayuran hijau, sereal, pasta dan kacang-kacangan.

v  Makanan yang kaya akan kandungan vitamin C yaitu melon, jeruk, mangga, dan berbagai jenis buah berry.

v  Makanan yang mengandung zat besi dapat ditemukan pada daging, kacang-kacangan, sayuran dengan warna hijau gelap dan buah yang sudah dikeringkan.

Tags:  Berita |410|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar