Image
By Administrator

LAPORAN PENANGANAN PENYAKIT LOW BACK PAIN PADA RAWAT JALAN DR DRAJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 14:40:46 WIB  |  0 comments

Sakit pinggang bawah sering terjadi oleh para pekerja yang kebanyakan duduk memang penyakit tersebut sangat mengganggu bagi kesehatan maupun aktifitas bekerja kurang leluasa bila sudah kambuh bahkan tidak akan bisa berbuat apa – apa, Sakit pinggang adalah sebuah kondisi rasa nyeri atau sakit yang muncul di daerah pinggang, yaitu antara bagian panggul dan perut bawah pusar. Manifestasi rasa sakit tsb dapat muncul di satu titik atau menyebar, dapat terjadi sebentar atau berkelanjutan, dan dapat berlangsung ringan, sedang, ataupun parah. Kadang, nyeri pada bagian pinggang disertai juga gengan kesemutan pada bagian bokong atau kaki. Saat seseorang terkena sakit pinggang, maka orang tsb akan kesulitan menggerakan badan terutama saat hendak membungkuk atau bersandar. Kondisi rasa nyeri ini lebih sering dialami para wanita dan terjadi pada sebagian kecil kaum pria.                                                                                                                   

Menyebabkan sakit pinggang antara lain:

v  Beraktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dapat menegangkan otot. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan punggung luar biasa, maka otot dan ligamen di punggung bisa tertarik, menjadi tegang dan bahkan robek. Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Beruntung, kondisi ini bisa diredakan setelah penderitanya melakukan terapi fisik dan istirahat cukup.

v  Karena letaknya di daerah pinggang, ginjal yang mengalami gangguan bisa juga menjadi salah satu sumber sakit pinggang sebelah kiri. Sakit yang diakibatkan terganggunya organ ini akan dirasakan di antara tulang rusuk terbawah dan panggul. Gangguan ginjal apakah itu batu ginjal atau infeksi ginjal memiliki potensi membuat nyeri pada pinggang.

v  Tertekannya syaraf yang menghubungkan syaraf tulang belakang dan kaki seseorang. Hal ini bisa terjadi ketika orang tersebut mengalami pergeseran cakram tulang belakangnya. Cakram tulang belakang adalah struktur di antara tulang belakang yang berfungsi untuk meresap tekanan dan mempermudah pergerakan sendi tulang belakang.

Tags:  Berita |108|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar