Image
By Administrator

BIMBINGAN TEKNIS TATA NASKAH DINAS DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SERANG

Rabu, 04 Januari 2017; |  Jam 11:36:39 WIB  |  0 comments

Pada hari Rabu tanggal 16 November 2016, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serang bersama dengan Dinas Tata Ruang Bangunan dan Perumahan Kabupaten Serang mengikuti bimbingan teknis tentang Tata Naskah Dinas.

Bimbingan teknis dengan Tema Tata Naskah Dinas ini dilaksanakan selama 1 hari yang  bertempat di Fafa Hill Hotel, Bogor. Bimtek ini dilaksanakan untuk mengingatkan bahwa pentingnya Tata Naskah DInas bagi ASN khususnya ASN di Kabupaten Serang. Bimbingan Teknis dengan Tata Naskah DInas ini dibawakan oleh Widyaiswara dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Banten, Drs. Tata Zakaria, M.Si.

Tata naskah dinas  adalah pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengesahan, distribusi, dan penyimpanan naskah dinas, serta media yang digunakan dalam kedinasan. Naskah dinas adalah informasi tertulis sebagai alat   komunikasi kedinasan yang dibuat dan/atau dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

Secara sederhana Tata Naskah Dinas dapat diartikan sebagai alat komunikasi kedinasan dalam bentuk tertulis yang dibuat dan atau dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dilingkungan pemerintah kabupaten / kota dalam rangka penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan di daerah.

Tata Naskah Dinas meliputi antara lain pengaturan tentang jenis, penyusunan dan bentuk tata naskah dinas, penggunaan lambang negara, logo dan stempel dinas, penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar, tata surat, perubahan, pencabutan, pembatalan produk hukum, serta ralat.

Saat ini ketentuan yang mengatur tentang Tata Naskah Dinas yang berlaku dan dijadikan pedoman telah di atur dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2009 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 22 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas.

Tags:  Berita |792|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar