Image
By Administrator

Akomodir Masyarakat, Panji Segera Tutup Peternakan Ayam di Cikande

Rabu, 25 Januari 2017; |  Jam 07:48:54 WIB  |  1 comments

Ratusan warga dari Kecamatan Bandung, Pamarayan dan Jawilan menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Serang tanggal 19 Januari 2017. Kedatangan massa tersebut bermaksud mengawal  rekomendasi DPRD kepada Bupati Serang untuk penutupan sementara PT. Gizindo Sejahtera Jaya (GSJ). Dan hasilnya Pemkab melalui Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa resmi menandatangani surat keputusan (SK) penutupan sementara terhadap perusahaan telur ayam tersebut. Jika membandel, Pemkab akan menutup secara permanen perusahaan tersebut.

Sebelumnya massa melakukan konvoi kendaraan dimulai start dari kawasan Ambon Cikande sebelum tiba di halaman pendopo sekitar jam 11.00 WIB. Kedatangan mereka mendapat pengawalan ketat dari unsur kepolisian dan TNI. Kemudian massa membentangkan spanduk tuntutan penutupan terhadap GSI yang dinilai meresahkan.

Koordinator aksi berorasi diatas mobil  dengan menuntut Pemkab Serang untuk segera menutup perusahaan tersebut. “ Kalau perusahaan tidak tutup, akan kami bakar , karena sudah banyak korban. Kami datang menuntut kesehatan yang menjadi hak warga. Dua tahun kami diberi racun oleh PT. Gizindo, “ ujarnya dengan suara lantang.

Sekitar 20 menit kemudian, 15 perwakilan massa diminta memasuki halaman Pendopo Kabupaten Serang untuk beraudiensi dengan Wakil Bupati Serang yang sudah menunggu. Pandji didampingi jajaran Dinas Lingkungan Hidup dan unsur TNI Polri. Salah satu perwakilan menyampaikan keluhannya dihadapan Wakil Bupati. Dan akhirnya Pemkab Serang melalui Wakil Bupati Serang  memberikan keputusan final untuk menandatangani surat penutupan sementara. SK berlaku sampai PT. GSJ mampu memperbaiki sistem limbah peternakan tersebut dan menghilangkan bau kotoran ayam.

Ketegasan tersebut bahkan disampaikan Wakil Bupati Serang dihadapan para pengunjuk rasa diatas mobil pick up tempat berorasi. Pernyataan tegas Pandji tersebut disambut tepuk tangan riuh pengunjuk rasa. Setlah Pandji turn dari tempat berorasi, mass membubarkan diri secara teratur dan tertib.

Usai memberikan pernyataan dihadapan massa, Wakil Bupati memberikan konfirmasi kepada media, bahwa pihaknya memerintahkan untuk menghentikan kegiatan PT. GSJ. Penghentian kegiatan atau penutupan sementara itu sampai perusahaan tersebut mampu menyelesaikan masalah teknis menghilangkan bau busuk yang terjadi

Tags:  Berita |185|

1 komentar pada artikel ini

    Kontraktor Interior Indonesia
    17 April 2017 - 13:09:31 WIB
    nice info gan


    << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

    Isi Komentar