Image
By Administrator

Pemkab Terima Kunker DPRD Kota Tomohon Tentang TPGR

Selasa, 31 Januari 2017; |  Jam 16:24:50 WIB  |  0 comments

Pemerintah Kabupaten Serang menerima kunjungan kerja sekitar 15 orang anggota  DPRD Kota Tomohon, Sulawesi Utara di aula Brigjen Syam’un Setda Kab. Serang pada hari Senin 23 Januari 2017 lalu. Kedatangan rombongan anggota DPRD tersebut ingin mengetahui tata cara proses tuntutan perbendaharaan dan ganti rugi kerugian (TPGR) yang sudah berjalan di Kabupaten Serang.

Dalam kunjungan kerja tersebut, mereka diterima oleh Sekretaris Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Serang Sarudin beserta jajarannya. Dalam penjelasannya, Sarudin mengungkapkan bahwa ASN yang menghilangkan barang sudah diberikan pembebanan ganti rugi sesuai keputusan sidang TPGR. Sarudin juga tidak membantah jika ada juga kerugian daerah di Pemkab Serang yang disebabkan oleh anggota DPRD. “ Ada nilainya Rp. 4 Miliar dari 45 anggota DPRD periode 1999 sampai 2004. Dari Rp. 4 Miliar, baru Rp.1,36 Miliar yang sudah dikembalikan dari delapan dewan, “ ungkap Sarudin.

Mantan Kabag Akuntansi Setda tersebut juga mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan langkah persuasif terkait penyelesaian TPGR mantan anggota DPRD sebelumnya. Kita belum seperti Kota Tangerang yang sudah bekerja sama dengan pihak kejaksaan, namun kita masih cari solusi lain yang lebih bijaksana, ungkapnya.

Dijelaskan Sarudin, kerugian yang disebabkan  oleh mantan dewan tersebut akibat kesalahpahaman terkait dana tunjangan perbaikan penghasilan (TPP), dana pemantauan serta dana operasional fraksi yang dimungkinkan adanya perubahan aturan. Dulu aturannya boleh digunakan, tiba-tiba terbit aturan baru yang tidak memperbolehkan untuk penggunaan dana tersebut. Makanya menjadi temuan BPK dan harus dikembalikan kekas daerah, ungkapnya.

Dikatakan Sarudin, dari 45 mantan anggota DPRD periode sebelumnya yang sudah meninggal, kerugian negara tersebut dibebankan kepada ahli warisnya

Tags:  Berita |295|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar