Image
By Administrator

Pemkab Terima Kunjungan dari Kementrian LH

Kamis, 4 Februari 2017; |  Jam 08:43:42 WIB  |  0 comments

Rombongan dari Kementrian Lingkungan Hidup mengunjungi Pemkab Serang pada tanggal 4 Februari2017 lalu di Halaman Pendopo Kabupaten Serang pada Hari Sabtu 4 Februari 2017 lalu. Kementrian Lingkungan Hidup ingin agar pemerintah daerah berpartisipasi nyata dalam perang melawan perubahan iklim.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan bahwa perubahan iklim yang menjadi isu global sudah mulai dirasakan di Kabupaten Serang. “ Antara lain sudah mulai tidak jelasnya batasan musim hujan dan musim kemarau. Kemudian rob juga sudah sering terjadi. Banyak petani tambak kita yang mulai rugi karena rob sampai satu meter. Ikan yang dikelola akhirnya banyak yang hilang karena hanyut  akibat rob.

Selain persoalan tersebut, ada pula siklus hama tanaman yang berubah dan sulit dideteksi. “ Yang kami rasakan itu durian. Banten dulu pusatnya durian. DiJakarta itu biasanya terkenal durian lokal. Ada durian Mancak, Gunungsari dan Baros. Sekarang semuanya tinggal kenangan. Pohonnya  ada tapi tidak berbuah.Masyarakat bilang gara-gara polusi sehingga perkawinan serbuk sarinya gagal. Sekarang durian lokal sudah tidak ada lagi. Akhirnya, karena sudah tidak berbuah, akhirnya oleh masyarakat ditebang dan dijadikan bahan bangunan, “ terangnya.

Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim KemenLHK Sarwono Kusumaatmaja mengatakan bahwa kedatangan pihaknya untuk berbagi buah pikiran mengenai penanganan perubahan iklim akibat pemanasan global. Dalam kesempatan tersebut, ia mendorong pemkab untuk segera membangun TPSA  seperti di Kota Malang, Jawa Timur yang membangun TPSA ramah lingkungan.

Selain soal iklim, juga dipresentasikan mengenai daur ulang limbah yang dilakukan oleh PT. Indah Kiat Pulp and Paper Serang bekerjasama dengan masyarakat. Selain menciptakan  lingkungan sehat, program tersebut juga mendatangkan keuntungan bagi masyarakat.

Tags:  Berita |495|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar